Sabtu, 28 April 2012

curahatan sore mr.mekanik

mr.mekanik di kotak pensil saya berkata, "pris, saya merindukan penghapus km yang lama, yang kini sudah tiada habis ditelan masa, tapi jasanya masih terkenang tak terhitung masa"

Kamis, 26 April 2012

dad :)

bapak memang idola





bapak guru terbaik yang pernah ada

bapak gaul,
update status yang isinya ngasih semangat
untuk semua anak didiknya yang mau UN

dari murid-murid bapak

waktu bapak kunjungan ke singapura
wisuda S2-magister fisika-universitas sebelas maret (UNS)
sekalinya ke IPB-foto sama bapak-di departemen saya-aaaah terharu

sebab aku bukan orang yang berani untuk bisa berkata langsung secara pasti
tentang rasa rindu yang seringkali membelenggu
tentang rasa sayang yang bahkan bertambah kadarnya untuk sekian waktu

yaa...

 
"dad, u're the best....
 ----
wanna back home soon..."

Selasa, 24 April 2012

"Iman yg kuat baru terlihat saat ujian sedang menghebat". Kalimat itu kutulis dg tebal di buku catatanku. Tiap ada masalah besar yg hadir, segera kubuka catatan itu, kurenungkan dalam2, hingga aku tersenyum dan dg semangat kuucap, "Tuhan, mungkin inilah saat kubuktikan besarnya imanku pada-Mu". 
 
-ahmad rifai rifan.penulis-

Minggu, 22 April 2012

teruntuk diri sendiri

Anggit (temen sekamar-skpm48-masih jomblo) yang lagi asyik bikin prakarya mendadak ngasih something buat saya yang lagi sibuk-duduk-terpaku-membisu sama laporan biologi...eee unyunya itu anak satu mendadak ngasih saya replika danbo, aaaaaa unyuuu cekaleee anggitiong *rada lebeh* wekekekke :D

"makasi anggit..
mari yuuuk.. movin' on.."
*senyum tegar*


 replika danbo dan leptop


 yang jelas yang nulis 'cemungudd' sama ada emot smile-nya itu bukan saya


kata anggit itu danbo sengaja dibikin buat saya
mana tulisan di belakang layarnya Movin' On pula.. hahahahhaha
cuma bisa ketawa

quotes

"akan ada masanya dimana aku harus melepaskan jejak-jejakmu namun tanpa menghapusnya sedikitpun, aku masih sama.. masih anak dari ayah dan ibuku, masih adik dari saudara-saudaraku, dan kamu.. kamu masih tetap kamu yg dulu.."

-sajak yang tak ternamakan-

Sabtu, 21 April 2012

mini shockin' UBI

selamat hari tanggal 21 April, selamat hari kartini, selamat hari perempuan, hidup emansipasi!

so spesial, akhirnya saya ngerayain hari emansipasi wanita indonesia, hari yang semulanya jadi tonggak acuan buat para wanita biar ngga mau dijajah terus-menerus, hari yang jadi kebangkitan wanita biar terus maju dan ngga cuma bisa jadi budak dapur saja.

sebenernya saya mau cerita dari awal saya mengawali pagi, tapi kayaknya center of the day saya hari ini ada di malam hari, jadi saya mau berbagi soal gimana saya dan asrama saya menghiasi hari bersejarah untuk para kartini negeri ini.

di asrama ada banyak lomba untuk memperingati hari kartini, salah satunya yaa ini, lomba memasak dan yang dimasak adalah ubi (lebih tepatnya bukan masak sih-tapi olah ubi) dan untuk kali pertamanya juga dalam sejarah saya ikut lomba beginian. soalnya mbak galuh (temen satu angkatan-temen satu SMA dulu-temen beda jurusan-temen 1 gedung asrama) ngajakin saya buat ikut lomba masak, alesannya simpel

"biar mbak sukma lebih feminim"

--omiiiigos, berikan saya BMW atas pengakuan tersebut-abaikan--

jadi ceritanya saya satu kelompokan masak sama mbak galuh sama satu lagi temen lorong mbak galuh namanya kiky (saya baru kenalan dan baru tau siapa itu kiky-anak biologi-nama lengkapnya rifky wahyu) kami bertiga mewakili gedung a1 buat lomba mengolah ubi. mbak galuh yang jadi master of chef di kelompok kami punya banyak resep tu, dan akhirnya pilihan jatuh pada pilihan pertama dan saya dapet jatah buat ngasih nama olahan ubi kita, okedeh saya kasih nama aja itu olahan ubi jadi MINI SHOCKIN' UBI, hahahha dari namanya aja udah ketebak kalo ubi ini ngasih something diferrent dari ubi-ubi lain yang ada.. yaaa perbedaannya ada di rasa, euuuuhhhm... deliciosooo!
-ini saya sama mba.galuh lagi pamer ubi rebus yg mau diolah jadi sesuatu-

jadi bahan-bahan dari mini shockin' ubi kita kali ini cukup simpel dan tergolong murah dengan bahan yang gampang dicari dan harga yang terjangkau *sakali* dan cara pembuatannya yang gampang tapi cukup bikin ketagihan. ngga percaya? emmmmm... harus percaya.. hahahahahaaa...

bahan-bahan :
1.ubi yang sudah direbus
2.keju
3.coklat
4.susu
5.parutan kelapa
6.vanili
7.pisang panggang
8.kayu manis
9.daun pisang
10.alat-alat masak sewajarnya

cara membuat :
1.kupas ubi sampai bersih, lalu tempatkan pada wadah untuk dihancurkan
2.lembutkan ubi sampai benar-benar lembut sembari ditambahkan vanili untuk memberikan aroma yang lebih enak
3.siapkan parutan kelapa yang sudah dicampur dengan garam secukupnya untuk memberikan rasa tersendiri pada parutan kelapa
4.bentuk adonan ubi menjadi bola dan sisipkan irisan pisang panggang kedalam campurannya lalu buat bulatan-bulatan kecil
5.siapkan piring saji dan susun rapi bola-bola ubi tadi dalam piring 
6.bisa dibentuk menjadi orang-orangan salju dengan menambahkan bola yang lebih kecil diatas adonan bola tadi dengan menambahkan coklat untuk bentuk mata dan kayu manis sebagai penghias tangan
7.taburkan parutan kelapa pada badan bola-bola dan siram pinggiran dari kelapa tadi dengan susu coklat
8.hidangkan dan mini shockin' ubi siap dinikmati

nah, mudah kan mengolah ubi menjadi lebih lezat?

-cara praktis membuat mini shokin' ubi-

setelah tim juri menilai hasil olahan kami bertiga, yadooong semua yang ada langsung nyerbu ada yang awalnya cuma ngeliatin katanya sayang kalo dimakan, soalnya bentukna unyu-unyu kayak yang bikin #ups, atau ada yang sekedar nanya ambigu, kenapa kok namanya mini shockin' ubi? dan ada yang diem-diem menghanyutkan langsung nyamber gitu aja mini shockin' ubi buatan kami.

dan ada beberapa oknum yang tertangkap basah oleh alat pengindraan kami yang notabene bolak-balik dan memberikan pengakuan bahwa sudah kecantol dengan si mini shockin' ubi kami. hehehhe laris manisssss...

-penikmat mini shockin' ubi yang bolak-balik gara-gara ketagihan-


termasuk beliau ini, bu lurah A2 yang memberikan ekspektasi luar biasa untuk  launching perdana mini shockin' ubi buatan kami.. *rada hiperbol*

part1
bu lurah : "aaaa mau coba boleh? kayaknya enak nii.. aku coba yaa.. emmmhh emang enak.."

-bu lurah pergi ke stand yang lain dan kami bertiga masih sibuk nyemil-nyemil sisa-sisa yang ada-

part2
bu lurah (lagi) : "emmm.. masih ada ngga? mau lagi... hehehehe..."
saya : "yaaah kalo yg bulet udah abis, tapi ini masih ada kok yg belum dibuletin.."
bu lurah (lagi) :"makasii yaaa... enaaaaaak... hehehee."
saya : -senyum-senyum sendiri-

-dan bu lurah menghilang lagi dari hadapan kami-

part3
(lagi-lagi) bu lurah : "hehehe..."
mba.galuh : "sini..sini..sini.. habisin yuuk.. masih ada kok, masih ada.."

-ternyata mba.galuh cukup mengerti untuk hal ini-

bu lurah a2 yang terhitung 3 kali bolak-balik ke stand kami buat icip-icip mini shockin' ubi
ini laper apa doyan yaa bu? :p

alhamdulillah, sambutan yang cukup hangat untuk launching perdana mini shockin' ubi ini, dan kami bertiga ngga ketinggalan buat ngeabadiin moment super impression ini, hahahah foto-foto dan saling janji untuk upload di dunia maya.. wekekekke :D *rada labil..biarlah..abaikan*

-mba.galuh-saya-kiky *chef kartini masa kini*-

ngga nyangka aja saya bisa ikut beginian, lomba masak pertama yang diikutin selama ranah peringatan hari kartini, dan hasilnya not bad lah buat sosok saya yang bisa dibilang kurang begitu ngeh sama soal masak-memasak,, dan okee ini dia tampilan mini shokin' ubi kami, enak kan yaaa? enak kan yaa? hahahhahaa

-mini shockin' ubi... yummy...-

karena ini acara asrama, otomatis ngga hanya dari gedung saya saja yang mengirimkan perwakilannya, tapi ada banyak juga yang berpartisipasi dalam acara olah ubi ini, dan hasilnya beragam, cantik-cantik, manis-manis, enak-enak, dan kalo udah liat jadinya berasa sayang buat dimakan.. hehe..

-kreasi olahan ubi lainnya-


-hayooo mana mini shockin' ubi?-


seneng, pengalaman seru di hari kartini, dan semakin ngebuktiin aja meskipun di asrama ngga ada dapur tapi perempuan-perempuan asrama masih bisa tu ngolah ubi jadi sedemikian rupa dan ngga kalah cita rasanya sama yang udah produksi di luar sana.

so, intinya..
selamat hari kartini.. selamat emansipasi..
bahwa dalam kondisi apapun, 
perempuan indonesia masih bisa mempersiapkannya dengan baik,
dengan keterbatasan yang ada tidak membuat mereka menyerah begitu saja pada keadaan
justru dari keterbatasan itu muncul ide-ide briliant untuk membuat sesuatu yang baru

yuuuk.. icip-icip mini shockin' ubi?

mau?

hubungi saya.. hahahaha 
*malah promosi*

Jumat, 20 April 2012

quotes

terkadang menjadi halimun lebih mampu bisa bertahan ketimbang menjadi badut di pesta ulangtaun bocah yang tertawa tertahan. aaaaah~ aku seperti kata yang terikat oleh majas yang tak pasti tapi berusaha mendapatkan kepastian yang tak kunjung datang, selamat pagi :)

mr.mekanik

halo perkenalkan namaku mr.mekanik, aku adalah salah satu penghuni kotak pensil pristi dan sudah menjadi keluarga di kotak pensil unyu bermotif polkadot dan bergambar icecream strioberi itu semenjak dia duduk di bangku SMA, kata pristi dulu aku diangkat menjadi keluarganya karena pristi menganggap aku bisa meringankan beban tugasnya dalam hal tulis-menulis, dan kata pristi lagi kalau menggunakan aku pristi bisa lebih menghemat biaya, sebab aku tidak pernah habis dan yang habis adalah dia sahabat terbaikku si isian pensil.

aku memanggilnya demikian karena kalau tanpa dia aku tidak bisa apa-apa, buatku dia yang paling berjasa dalam hal ini. isian pensil sangat baik, dia tidak pernah mengeluh ketika pristi menggunakannya separuh kasar dan seringkali membuat batang tubuhnya patah, dia tidak pernah mencaci pristi yang terkadang dilanda kelabilan untuk memilih antara dia atau rekan-rekannya yang lain.

oh iyaa si isian pensil sahabatku ini sering ku panggil cocoby, soalnya rempat huniannya berwarna coklat trus emang cuma dia yang warnanya coklat di kotak pensil pristi. tidak hanya dengan si cocoby saja aku bersahabat, aku juga bersahabat baik dengan joyko-karet penghapus pristi warna hitam tapi entah kenapa, akhir-akhir ini aku tidak melihat dia menampakkan batang hidungnya, entah dia pergi kemana tapi dari kemarin pristi juga tidak mencarinya. aaaah aku khawatir dia kenapa-kenapa, sampai akhirnya pristi bilang dia mau ke toko tempat pertemuan kami dulu untuk mencari si joyko dan aku bisa sedikit bernafas lega. aku  juga berteman dengan si faster (bolpen faster)-si tippo (tipe-x), rulrul (ruler:penggaris), busur, satabilo dan masih banyak lagi. hemmmm akan ada banyak cerita dariku dan keluargku di kotak pensil nantinya.. senang bisa nongol di akun pristi, hehehheeee :p

salam kenal yaa,
mr.mekanik

Kamis, 19 April 2012

hasan aspahani

Pada mulannya adalah kaki :: Lalu perjalanan dari sepatu ke sepatu
Pada mulannya adalah hati :: Lalu perjalanan dari ragu ke ragu


sajak hasan aspahani :)

sepucuk daun teh

soal retorika yang aku sendiri tak pernah tau sajak tentang dia
lalu dengan riaknya ombak membawanya pergi dan terdamparkan diatas bongkahan karang

aku mengenalnya sebagai sosok yang agung dan mengagungkan
memberiku setruman yang seolah menantang, "aaaah Engkau bisalah."
yang seyogyanya membenamkan pandanganku tepat di pelupuk mata piciknya..

aaaaaaah...
aku sendiri tak mengerti,
menulis yang tak berarti tapi bisa bermakna sendiri
dan sepucuk daun teh ini menemani..
aku merindukan pagi di kidung tambi..



si kidung tambi - temanggung - wonosobo

perempuan tanpa nama

Dalam gemintang aku bercahaya
berpijar dan bersinar melintas cakrawala
dalam sepi aku mengalun
menyebut atas simfoni ayat kalbu
dalam gemilang aku berserah
berpasrah untuk semua hal yang terjadi kini

aku muak..
aku benci dengan metafora ini
serta merta mereka tak punya hati untuk di caci
atau bahkan seringkali mencacat sabda ilahi

aaaaaah....

lagi..

dalam sendu aku mengadu
pada bisikan bumi
aku mencari
menyusuri bintang timur
menghadang raja mentari
dan mencium kaki langit
untuk secercah harap esok hari
untuk siluet indah negeri ini

yaaa..
siapa lagi?
aku..
aku, akan terus mengabdi


lagi ada event kartinian di asrama
ada lomba cipta puisi temanya tentang wanita indonesia
entahlah itu puisi nyambung apa engga -____-"
hahahhahaaa :D
yang penting ngga ada hentinya buat mencoba :)

Selasa, 17 April 2012

aku ingin

"aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu

aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada"
.sapardi djoko darmono.

Kamis, 12 April 2012

replika pagi

Seperti sapuan biru pagi ini. gemercik air dari sudut keran sana. dan senyuman mentari di ufuk pagi. aku mencintai Dia yang menciptakan pagi, mencintai Dia yang memberiku replika pagi setiap hari :)

Rabu, 11 April 2012

hujan

untuk kali ini saya mau cerita soal hujan.

sore ini hujan, dan hujannya masih sama suka datang dadakan ngga bilang-bilang. sekalinya hujan langsung banyak airnya engga sama kayak hujan yang di temanggung yang kalau datang musti pake rintik-rintik dulu. tapi saya masih sama masih suka bau tanah sehabis hujan, dari hujan keduanya (entah hujan di bogor apa hujan di temanggung).

menjelang petang, intensitas air dari langit semakin tinggi, kucuran airnya terus mengalir banyak, sekarang hujan tidak sendiri, gemuruh dari dewa petir menggelegarkan. yaaa... kini hujan berkombinasi dengan petir, tapi saya takut. saya takut petir. tapi mau gimana lagi, yang bisa saya lakukan mulai dari sekarang adalah berdamai dengannya dan mencoba memahami ritme kedatangannya yang seringkali tidak disangka. dan meskipun juga saya sering dibuat kaget oleh suara gemuruhnya. nah kan, seperti sekarang.. gemuruhnya kencang dan gemerciknya semakin terdengar. hujannya deras.

selang beberapa menit kemudian, hujannya berhenti tapi gemuruhnya masih ada. dan untuk kali ini saya sudah sedikit berani, memahami bagaimana itu gemuruh datang dan pergi. disini saya belajar lebih tentang hujan dan mulai belajar untuk tidak takut pada gemuruh petir. emmmmhhh.. langitnya gelap, bintangnya masih sembunyi. oh iyaa ini saat yang paling saya suka, bau tanah habis hujannya masih berasa...

kalau besok hujan lagi, cerita apa lagi ya?


ini saya sama hujan


saya suka hujan, dan paling suka bau tanah sehabis hujan

Selasa, 10 April 2012

balada UTS biologi

"ini bacaan ada 7 bab, dan tiap babnya ada sekitar 40an slide, kalo misalkan ada 7 bab berarti kisaran 280 slide..."
.senyum tipis.

a picture to remember







dan dari sebuah gambar pun
bisa ada kenangannya kan yaa?

ada dia di tengah ujian penkom saya

hari ini ujian penkom buat yang pertama kalinya -penerapan komputer gitu-, yapski anak ilkom pedekatenya sama komputer hemmmmm~
yaaa pokoknya gitulah, hari ini kita diuji seberapa besar sih chemistry kita sama komputer dengan soal-soal gituu... nah ujian kali ini di gww (graha widya wisuda) dan ternyata ujiannya ngga cuma yang anak ilkom doang, jadi ada campuran angkatan dan random.an dari berbagai macam jurusan yang ngambil penkom. nah jadi tu disana kondisinya emang bener-bener yang rame parah.

udah deh, jam di tangan masih nunjuk sekitar pukul 1 lewat 10an dan ujian baru dimulai pukul setengah 2, otomatis masih tu pada keliaran orang-orangnya. ada yang rieuh ngebaca slide, atau teriak-teriak ala kadarnya, ngapalin kalo 1 byte itu 8 bit, kalo 1 tera itu blablablaanya bit atau kalo konversi bilangan biner atau yang lagi duduk-duduk nyantai -entah beneran santai atau apalah itu- dan atau-atau lainnya yaaa... keunikan mahasiswa-mahasiswi yang mau ketemu sama pujaan hati -soal penkom- hahhahahaha

oke, dan akhirnya setelah sekian lama nunggu sambil bawa slide penkom yang ngebahas soal perangkat keluaran sama perangkat masukan yang apalah itu ada kalo sampe 40an slide, jam pas banget nunjukin pukul 2, dan akhirnya pintu gww.nya kebuka.. otomatis dong semua orang yang ada langsung mendekat ke arah medan magnet -re:pintu utama gww.jalur satu-satunya buat masuk ke ruangan ujian-. dari yang tadinya pada duduk langsung tegap berdiri, yang tadinya lagi sibuk rumpik langsung ikut berdiri juga dan ikut-ikutan ngedeket ke arah pintu, dan saya dengan segerombolan teman-teman saya yang tadinya lagi duduk-duduk di deket tangga atas langsung deh ngacir turun ke bawah dan ngeliat kerumunan orang yang udah pada ngantri buat masuk ke dalem..

ini whina sama aghis yg juga lagi ngantri nungguin jatah masuk gww
buat kencan sama soal penkom



salut sama kakaknya -nggatau siapa (lagi)-
yang di tengah kerumunan masih disempatkan pedekate sama slide penkom



antusiasme mahasiswi menyambut ujian penkom


hemmmm~
cukup tau segimana antusiasnya pengen cepet-cepet ketemu sama penkom -__-"
dan ternyata memang luar biasa antusias sekali~

dan akhirnya setelah diluar penuh sesak dengan segala perjuangan yang ada kami masuk ke dalam gww, barengan-segerombolan anak ilkom, dan begitu sampe dalem pasang wajah cengak dong, ngga ada yang tau tempat buat test anak ilkom dimana, di altar bawah apa di altar atas. nah ada beberapa temen yang udah masang buat duduk di altar bawah ternyata mendapatkan pengusiran yang halus, otomatis dong saya langsung jalan aja ngacir tanya kanan-tanya kiri, dan akhirnya ada 1 kakak -cowok- yang bikin sepersekian detik saya jadi patung, hahahhahaha~

saya lagi jalan ngedeketin si kakak -cowok yang saya nggatau namanya juga- yang ngga keliatan mukanya pas itu..

saya : "kak.. maaf mau nanya, kalo yang buat anak ilkom dimana ya kak?"
kakak : (nengokin badannya), "ooh, kalo buat yang ilkom diatas dek, di sebelah sana."
(sambil senyum sambil nunjuk altar atas paling pojok)
saya : (muka cengak-semi kaget-perasaan pernah tau deh sama itu kakak-pernah liat) "ooh iya kak, makasih kak."


dan dijalan menuju tempat pengeksekusian dengan soal-soal saya baru ngeh, si kakak yang tadi itu kakak yang ada di kompas.com yang kemuat fotonya di berita yang menang coding 24 jam lumia.. hahahah jadi cengar-cengir gila gitu deh.. *tidak ada maksud apa-apa*

ini foto kakaknya yang nggatau namanya kak siapa heheheh :p


akhirnya musti jalan rada muter soalnya kita dari pojok bawah musti ke pojok paling atas.

at least dapet kursi dan duduk nyaman dong dan akhirnya ngerjain itu 80 soal pilihan ganda sama 2 essay jadi total soalnya ada 82.

separuh perjalanan ngerjain soal hp yang ada di saku saya getar, okeee ada 1 sms dan tapinya ngga mungkin dong saya buka hp pas ngerjain soal. emmhhh lanjut deh itu ngerjain soal lagi sampe separuh perjalanan terakhir ada lagi tu getar hp.nya dan udah dipastiin ada 2 sms, dan sampe finished ternyata bertahan sama 2 getar yang sempet ngebikin saya atur posisi duduk waktu ujian berlangsung.

pas kelar ujian otw keluar gww, langsung deh buka hp ngechek siapa aja yang sms, ternyata yang 1 jarkoman dari bu rete dan yang satunya lagi dari cewek 6 huruf --yang bakal saya ceritain di postingan saya selanjutnya-yang bikin saya makin percaya kalo dunia itu sempit--


"mbaaaaaaaaaaak, kangeeeeeeeen :D"
-14.03.ditengah-tengah ujian penkom.6 huruf yg sering banget ngingetin soal dunia itu sempit-

hahhahahhaaa
sayanya bales juga

"hihihihiihi samanyaaaa... kangeeeeen jugaaaaa"
-saya-


kalo mau diperpanjang sih bisa, tapi ngga yakin itu smsm bisa nampung banyaknya karakter yang mau saya send buat itu perempuan tersimpel -cuma 6 huruf doang-

hahhahahaa...
kangen dilla juga..
tunggu ya, ronggeng dukuh paruh bakal kembali ke peraduan kelar UTS+2hari
jadi bilangin ke mereka -yg udah ngantri- yaa dil, buat sabar.. hehehehe :p
kangen dilla juga..
yuuuk nonton bintang bareng dil..
emmmmmm...
main yuuuk dil...
hahhahaha
ada banyak cerita buat dilla :)
ayooo ketemu..
pertemuan pertama setelah uts setelah sekian lamanya tidak bertemu..

Minggu, 08 April 2012

langit (lagi)

dan pagi ini alih profesi saya menjadi phonegrafer datang lagi, dan lagi lagi objeknya langit, jadi ceritanya pagi ini jam 6 ditelfon sama abang, diajak ketemu di bni soalnya abang mau ngasih titipan dari ibu buat saya, otomatis dong pagi-pagi udah beberes trus capcus ke tempat perjanjian sama abang.dan setelah eksekusi selesai, dijalan pulang kepincut liat langitnya yang subhanallah banget deh pokoknya, kayak semacam aurora gitu jatohnya, dan buat saya kebanggaan tersendiri bisa nemuin ini view langit ada di deket saya..


pas pulang lewat depan gym, nengok ke sebelah kanan
subhanallah langitnya
pancaran sinar mataharinya kentara bangeet



just feels like an aurora


lagi-lagi kepincut sama langit yang subhanallah.. :)


langit dengan paduan pancaran sinar mentari pagi

besok hunting langit lagi aaaah~

orang-orang yang dido'akan malaikat

sore ini saya ada jadwal liqo', dan seperti biasanya saya berangkat bareng sama mbak galuh. oke saya yakin pertanyaannya sekarang, apa itu liqo'? atau mentoring itu apa? dan siapa itu mbak galuh?. dan saya akan mulai menjawabnya satu per satu.

liqo' atau mentoring itu menurut sepengetahuan dan sepaham saya adalah semacam diskusi kelompok lebih mengarah kepada kumpulan majelis ta'lim yang membahas tentang aqidah agama yang dibimbing oleh salah satu kakak murabbi sebagai pembimbing kami. dan mbak galuh adalah salah satu teman dari kota seperjuangan yang notabene satu kelompok liqo' dengan saya.

kali ini murabbi kami membahas tentang "orang-orang yang dido'akan oleh malaikat" :
dan ternyata ada 11, kesebelas itu diantaranya adalah

1. orang-orang yang tidur dalam keadaan suci
yaitu orang-orang yang sebelum tidurnya mengkondisikan dirinya dalam keadaan suci seperti dalam keadaan masih punya wudhu', dikatakan demikian sebab pada waktu kita tidur ruh kita ada dalam genggaman Allah, jadi bisa saja ruh kita tidak dikembalikan pada jasad kita (kita bisa meninggal kapan saja dalam keadaan apapun termasuk tidur), jadi alangkah baiknya bila kita tidur dalam keadaan suci, apabila kita dipanggil oleh yang Maha Kuasa kita pun masih dalam keadaan yang baik.

2.orang yang duduk menunggu sholat
orang yang akan senatiasa dido'akan oleh malaikat adalah mereka yang duduk menunggu sholat, sebab itu akan jauh lebih baik ketimbang mereka yang memanfaatkan waktu menunggu sholat dengan berbuat yang tidak baik.

3.orang yang berada di saf bagian depan sholat
sebaik-baiknya orang yang sholat adalah paling mulia yang berada di barisan depan/saf sholat.
diutamakan adalah untuk mengisi bagian depan terlebih dahulu, dan disitu malaikat senantiasa mendo'akan kita.

4.orang yang menyambung saf dan tidak membiarkan kekosongan dalam saf
ketika sholat berjamaah dan dibagian depan saf masih terdapat tempat yang belum terisi, alangkah baiknya untuk diisi hingga tidak ada celah sedikitpun untuk setan masuk, dan sebaik-baik dari mereka yang mau mengisi adalah mereka yang senantiasa akan dido'akan oleh malaikat atas apa yang dia lakukan (mengisi kekosongan tersebut)

5.orang yang duduk di tempat sholat sehabis sholat
orang-orang yang memanjatkan doa sehabis sholat adalah orang-orang yang ternyata juga akan dido'akan oleh malaikat, seringkali sehabis sholat kita melalaikan duduk sejenak kita untuk memanjatkan do'a kepada Allah. padahal saat-saat itu, malaikat ada untuk mendo'akan kita dan do'a yang dipanjatkan sehabis sholat termasuk do'a yang akan cepat dihijabah oleh Allah.

6.orang yang melakukan sholat subuh dan sholat ashar berjamaah
pada pergantian sholat subuh dan sholat ashar ternyata ada pergantian malaikat, yaitu pergantian antara malaikat pagi dan malaikat petang, sebaik-baiknya orang yang melakukan ibadah sholat adalah mereka yang berjamaah di waktu subuh dan ashar, karena pada saat itu malaikat sedang bergantian dan sedang mencatat amalan-amalan yang dilakukan oleh manusia. dan bagi mereka yang tidak melewatkan kesempatan itu sesungguhnya mereka yang akan dido'akan oleh malaikat.

7.orang yang mendo'akan saudaranya tanpa sepengetahuannya
saling mendo'akan sesama muslim, mendo'akan sahabat, keluarga dan terlebih mendo'akan saudara kita dan orang-orang disekeliling kita, karena sesungguhnya do'a yang akan dikabulkan dan akan dido'akan oleh malaikat juga adalah do'a dari seorang muslim yang mendo'akan saudaranya tanpa sepengetahuan saudara yang dido'akan. sebab semua kebaikan yang diutarakan untuk saudara akan kembali juga kepada diri sendiri yang mendo'akan kebaikan tadi.

8.orang yang berinfaq / bersedekah
jangan pernah takut kita akan menjadi miskin dengan berinfaq/bersedekah. bahwa dengan sedekah sesungguhnya malah justru akan menambah kekayaan dari seseorang. bahwa dengan bersedekah tidak hanya akan menambah kita kaya tetapi juga bisa membantu mereka yang kekurangan dan ternyata dengan bersedekah, malaikat-malaikat senantiasa mendo'akan kita atas amalan yang kita lakukan.

9.orang yang makan sahur
sesuai amalan Rasulullah SAW, yang lebih baik dari mereka yang berpuasa adalah yang melaksanakan sahur. jadi barang seteguk air apabila keesokannya kita akan berpuasa, minumlah terlebih dahulu sebagai amalan makan sahur, karena pada waktu-waktu itu malaikat tengah bersama kita dan mencatat amalan baik kita dan berdo'a untuk kebaikan kita.

10.orang yang menjenguk orang yang sakit
dan apabila ada diantara kita yang tengah dilanda musibah (sakit), tengoklah dan do'akan agar segera sembuh, bahwa sebeneranya do'a dari orang yang menjenguk dan dari keikhlasan hatinya menjenguk akan kembali kebaikannya kepada dirinya sendiri.

11.orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain
senantiasa melaksanakan amar ma'ruf nahi munkar, atau berlomba-lomba dalam kebaikan, senantiasa mengajarkan-mengingatkan untuk kebaikan pada sesama, sebab pada saat yang demikian malaikat-malaikat akan turun ke bumi dan mencatat kebaikan kita dan mendo'akan kita.

subhanallah..
liqo' kali ini membawa banyak sekali pengetahuan dan ilmu untuk saya..
nah untuk teman-teman
mari, bersama-sama menjadi orang-orang yang dido'akan oleh malaikat :)
semangaaaaaat

Kamis, 05 April 2012

nge-jleb

obrolan singkat sih waktu kemaren ada monev dari fakultas soal firstprocject pkm-p yang lagi tahap penelitian yang ternyata masih kisaran 40-50% lah masih butuh beberapa tahapan buat nyempurnain itu penelitian.
dan langsung ngejleb aja begitu kakak satu tim nyeletuk,

"PIMNAS itu bonus,
yang terpenting bagaimana penelitian kita ini
kalau diterapkan bisa bermanfaat untuk
orang disekitar kita."

-kak tatang-


dan langsung nge-jleb
membenarkan dalam hati, tidak hanya untuk event ini saja rupanya
untuk semua kegiatan yang ada dalam hidup memang sepantasnya demikian

timbang dulu,
maksimalkan kemampuan agar bisa bermanfaat juga untuk yang lain
maka untuk pernak-pernik hadiah atau apalah itu,
adalah sebagai bonus
bukan tujuan utama..

yaaa...
berarti sekarang kalo misal ditimbang di masa-masa UTS dan lagi galau soal nilai
mungkin teoramanya berkata demikian,

niat mencari ilmu Allah dan mengharap ridhaNya
berusaha bersungguh-sungguh
nilai bagus adalah bonus


semangaat melakukan setiap kegiatan
mulai merevisi niat dan bidikan tujuan
mulai mengesampingkan ego

man jadda wa jadda

keripik anak soleh

pertama kali dalam benak langsung mikir yang gimana gitu, dahi langsung muncul penuh kerutan efek mikir yang terlalu mikir untuk sebuah nama kripik yang kata saya cukup yaaa... emmm... gimana gitu...

coba deh,
apa yang pertama terlintas dipikiranmu kalo ada yang nawarin keripik tapi ngomongnya itu "keripik anak soleh" -___-"

ambigu to the max kan ya maksudnya apa??

hemmmm~saya jadi mikir lagi nih, bukan kepikiran kayak gimana keripiknya tapi mikir kenapa dinamain kayak gitu yaa.. emmmm.. tapi kepikiran juga ding yaa soal itu gimana keripiknya sampe-sampe dinamain keripik anak soleh. *masih berkerut dahinya*


'keripik anak soleh'


oknum yang terlibat dalam pengeksekusian keripik anak soleh ini adalah temen sebelah kamar yang juga satu perjuangan di korpus, namanya kholiyah. jadi ceritanya kholi lagi jualan keripik trus nawarin ke saya mau apa engga, nah firsttime ditawarin saya kurang interest, cuman sekedar "oooh... iyaaa.. kenyaaang kholi" sambil senyum-senyum ambigu total. dan kholi cuman senyum juga, trus kan saya maen ke kamar depan kholi, nah pas saya maen kesana kholi teriak dari dalem kamarnya, masih sama sih modusnya nawarin itu keripiknya.

kholi : "ayooo.. keripik anak soleh.. keripik anak soleh.."

-diem hening tanpa jawaban-

kholi : "keripik anak soleh cuma 2 ribu, ntar bisa fasih ngaji loo"


-mulai deh itu kedengeran suara pintu dibuka dan keluarlah 2 manusia yang penasaran sama si keripik dan tergoda dengan khasiatnya, dan parahnya saya yang tadinya engga interest juga ikut-ikutan keluar dan langsung ke kamar kholi, at last total 3 manusia yang terhasut-

jadi, kita tigaan (saya-cynda-yeni) langsung ke kamar kholi, nyamperin kholi, ambil itu keripiknya yang kebetulan tinggal 3 dan langsung ketawa-ketiwi ngga jelas gitu deh. habis jadi mikir ulang, si kholi pinter banget ya teknik marketingnya, ditambah embel-embel "ntar bisa fasih ngaji" langsung deh oknum-oknum -yang mungkin- ingin meningkatkan kualitas dalam bidang pengajiannya langsung nyerobot nyamperin. hahhahahahaaaa te-o-pe dah si kholi marketingnya~

di dalem kamar cynda sama yeni, saya sama mereka berdua langsung deh ngobrolin soal itu keripik anak soleh, berhubung pas kita mau beli pas banget besok harinya mau UTS kimia otomatis fokus saya lebih ke soal kimianya dan keripik anak soleh punya saya, saya kesampingkan, beda halnya dengan 2 cewek unyu-unyu yang udah ngga sabar buat ngelibas abis itu keripik anak soleh *kali aja modusnya biar tambah fasih ngaji-hehehehee*, dan mereka berdua total langsung buka itu keripik anak soleh dan nikmatin dengan caranya masing-masing.

cynda : "hahah seharusnya kita makan ini pas besok mau tes agama"
saya : "hahahha bener yaa cyn, biar fasih baca al-quran"
yeni : "haahahhaaa beneer..."


-lawak.random.ambigu-

habis gitu si cynda nerusin makan itu keripik sambil pegang slide kimia -entah itu fokusnya kemana, ke keripik apa ke slide.nya- trus yeni cemilin itu keripik sambil duduk diatas kasur, dan saya? saya masih sibuk sama soal kimia dan keripik saya masih mentereng didepan saya belum kebuka.


entah fokus cynda kemana, di depan banyak buku tapi di tangan keripik
(dlm hati: lebih interest ke keripik deh kalo ini mah)



selang beberapa menit saya ngga ngeliat perubahan yang terjadi diantara mereka berdua,dan ternyata obrolan seru dimulai selang beberapa menit saya ngerasa ngga ada perubahan diantara mereka berdua.

yeni : "haaaaaaahh... haaaaaaah... haaaaaah..."
(kepedesan gitu deh si yeni, cari-cari minum)

saya : "kenapa yen? hahahahah berasa yaa efeknya?"
yeni : "iyaa mak pris... haaaaah... haaaaah.."
(kepedesan banget kayaknya)

saya : "minum.. minum..."
(sambil nyodorin minum-sambil penasaran sebegitukah keripik itu bikin si yeni kepedesan)



yeni yang kepedesan udah minum bbrp gelas, masih aja tetep istiqomah


di lain sisi, cynda yang tadinya adem ayem juga mulai bertingkah, mulai duduk ngga tenang trus nyamperin galon dan yaaaa~ samanya kayak yeni, kepedesan.

cynda : "haaaah...pedeeees....." (kepedesan maksimum)
saya : "hahahhahahaa... bener yaa si kholi ngasih nama keripik anak soleh"
cynda : "kenapa mak?"
saya : "habisnya bikin yang makan sabar ngadepin itu pedesnya.." #eaaaa
cynda : "tapi ngga pengen berenti, bikin istiqomah buat terus makan." #eaaaa
saya : "nah kan, kebukti.. hahahhaha"


udah aja dikamar malah jadi ngelawak, nyangkut-nyangkutin teorema anak soleh sama makan keripik yang kebetulan namanya 'keripik anak soleh'.
mulai lagi deh tambah-tambah reason buat menguatkan betapa benarnya kholi mengatasnamakan itu keripik jadi 'keripik anak soleh'

cynda : "udah bikin istiqomah, bikin sabar, apalagi ya?"
saya : "bikin fasih baca al-quran kan kata kholi? hahah dibuktiinlaah~" #eaaa
all : *ketawa ngakak*


okedeh ini tulisan random dan penuh kemabiguan, dan ke ambiguannya itu dimulai dari kemabiguan dari titel sebuah keripik. pokoknya itu keripik emang bener pas kalo dikasih judul 'anak soleh' soalnya emang pedesnya bikin ketagihan, jadi kita sabar buat ngadepin pedesnya dan tetep istiqomah buat ngehabisin itu keripik sampe akhir, kan mubadzir kalo ngga diabisin.
hehehehheee :p

penasaran sama keripik anak soleh?
ayooo.. buruaan cobain....

random

~dibelahan bumi manapun selagi tempat berpijak masih berada di bawah langit yang sama, itu berarti masih dekat kan?~ #balada-ingin-pulang-ke-rumah
-pristysukmasetya.19tahun.pengen-pulang-

jamal (lagi)

entah ini kali keberapanya saya musti kena jamal,
hahahhaha~ *malah ketawa girang sendiri*

dan saya baru inget kalo ternyata ini yang ketiga kalinya langkah saya terhentikan oleh pasukan GD* di gerbang masuk asrama, hahahahhaa~ *ketawa lagi*, yaa tapi kali ini alesannya juga ngga kalah logis kok sama alesan-alesan yang lalu *pembelaan*

awalnya sih ini dari rencana "kapan kita bisa les kalkulus lagi", soalnya bentar lagi UTS dan hari pertama kalkulus, karena kita bertiga masih punya hak 1 kali pertemuan lagi sama kakak tentornya jadi kita mau tu les kalkulus.


oke sebelumnya saya kenalin dulu ya temen seperjuangan yang bersama saya terus berjuang untuk merajut cinta dengan kalkulus.

namanya desita, temen sekelas juga, anaknya unyu-unyu gimana gitu, yang kadangkala galau gegalauan galau galau dewa galau gimana gitu deh~ hahha dan yang tapinya imut-lucu dan kayak kata saya tadi unyu-unyu. cewek supel yang punya semangat ngga pernah minus juga buat kenalan sama kalkulus.

yang kedua namanya razanah aulia, kalau saya sukanya manggil dia "raras" tapi entah deh kenapanya akhir-akhir ini saya sering banget manggil dia "razanah.. razanah..razanah.." dan ekspresi mukanya tiap saya manggil dengan sebutan itu langsung ambigu total -entah apa arti dari tatapan matanya saya tidak tau- cewek tinggi yang tingginya ngelebihin saya ini jago banget ngelukis, dibuktiin sama prestasinya juara 1 lukis doong~ aiiih, paling suka ngegambar ngga jelas di sela-sela les soalnya kata dia, itu bagian dari penyaluran ketidak-mengertinya terhadap kalkulus dan dia termasuk salah satu pejuang kalkulus~

dan yang terakhir saya, pristy sukmasetya yang mengatakan dirinya akan berusaha menjadikan kalkulus teman hidupnya -soalnya bakalan nemu kalkulus lagi kalkulus lagi di tingkat berikutnya-nasib anak ilkom- hahahha

pokoknya intinya kita bertiga pejuang KALKULUS
*sengaja di capslock*

dan kisah kami bertiga bermula dari jarkoman desita yang waktu itu bilang kalo hari ini -pas kejadian itu hari sabtu dan saya masih ada praktikum penkom- mau les, dia ngejarkom semula jadwal malem, awalnya saya bales kalo saya mah fleksibel bisa-bisa aja, jadi mau les kapan aja free, abis kelar praktikum kan jam 10 jadi diatas jam itu saya bisa. dan ternyata desita ngebales sms saya lagi bilang kalo raras ngga bisa jam 10 keatas, soalnya raras udah mabok kimor -kimia organik- duluan, jadi karena ketidak tegaan desita, jadwal digeser deh jadi jam 3 sore. dan setelah di klarifikasi, giliran kakaknya yang ngga bisa kalo ngajar sore, okelah jadina fiks jam setengah 11 -raras menahan mabok kimornya demi ketemu kalkulus- tapi gantian saya yang ngga bisa, soalnya udah terlanjur janji juga mau pergi, kan dikiranya udah fiks malem.
dan setelah dirundingin dengan sms berkali-kali fikslah itu jadwal kencan kita bertiga sama kalkulus jam 7 malem di pomi (pojok mipa).

singkat cerita, udah deh itu jam 7.kita berangkat dari agri -nemenin raras maem dulu-, kita terus ke pomi, nah berhubung di pomi ada 4 lantai saya nyeletuk, ngerekomendasiin buat belajar di lantai 3, kata saya tempatnya asik, sepi kalo buat belajar jadi insyaallah kondusif, dan karena desita sama raras belum pernah yang namanya ke pomi lantai 3, iya iya aja mereka mah. dan ekspresinya begitu naik sampai di lantai 3

raras : "aaaa bagus des baguuuus"
desita : "iyaa ras baguus..."
saya : -muka cengak ngga tau apa yang mereka kata bagus-


dan ternyata yang mereka kata bagus itu view.nya dari atas pomi.hemmmm~
karena itu juga kali pertamanya malem-malem saya ke pomi lantai 3 lagi, jadi saya juga baru tau view apik yang ada disana.. *muka seronok-menelanjangi keadaan sekitar-ambigu*
dan dapetlah saya sama kedua temen saya itu foto-foto yang kata saya "apik" di atas pomi
dan ini foto-fotonya...

ini desita sama raras yang ternyata udah duluan ngeluarin handphonenya
buat nge-abadiin view yang pertama kali mereka liat
dari atas pomi (lt.3)


jalan depan fmipa kalo dari atas pomi pas malem keliatan bagus


jalan depan fmipa yang ke capture dari sisi samping atas pomi (lt.3)


kata saya jalan depan fmipa kalo diliat dari atas kaya jalan tol
hahahhahahahha

itu fotofoto yang kita dapetin pra les kalkulus, dan akhirnya kakaknya dateng, ngeliatin aja muka kita bertiga yang kayak girang gitu habis dapet view bagus di atas pomi *keliatan bocah banget-sumringah ngeliat begituan* (re:bukan kampungan) hahahhaa~

--les kalkulus berlangsung--

ditengah-tengah les, kakaknya nanya kita jam malem jam berapa dan kita jawab jam 9 dan itu pas jam udah nunjukin jam 9 kurang berapa menit lagi gitu.

desita : "udah kak, kita sampe jam 10 nggapapa... kita kan belajar kak"
raras : "iyaa kak, nggapapa kak..." (bujuk rayu)
saya : "iyaaa kak..." (ngomporin)
kakak : "ooh iyaa kalo gitu.. " (muka pasrah)


dan ternyata terjadi obrolan antara desita dan raras *saya nguping*

desita : "nggapapa ras.. kita belum pernah kena jamal."
raras : -cuma diem aja-
saya : "hahahaaa iyaa des, sesekali biar jadi kenangan nggapapa kali."
desita : "iyaa mbak pris.." (sambil ketawa seneng mau kena jamal)
raras : -lagilagi cuma diem-pasrah-dan iya iya aja-


terus kita belajar lagi sama kakaknya sampe jam setengah 10an lebih. dan les berakhir dan kita pulang. dijalan kita malah ketawa-ketawa ngga jelas coba ngobrolin gimana excitednya raras sama desita yang kali pertamanya kena jamal, dan malah sempet foto-foto di jalan (lagi) *maklum ketiganya doyan foto-tapinya saya ngga difoto-saya cuma jadi phonegraph-sedih*

ini saya yang motret si desita yang girang sendiri kena jamal

dan setelah kita foto-foto kita malah sengaja ngga langsung masuk ke gerbang, kita sok-sokan make acara muter segala lewat jalur motor pula *cari mati*
dan akhirnya kita ke gerbang yang ternyata udah disambut sama jejeran mbak-mbak gd*, dan alhasil nama kita terpampang di catatan buku jamal, hahahhaa~. dan karena tidak ada sita-menyita ktm, jadi ktm saya aman deh ngga bobo di tempat orang dan sebagai hukumannya kita disuruh ngebersihin sandal di depan asrama. dan kalo kata desita kurang seru iiih jamalnya, kurang gimana gitu.. tapinya tetep mukanya girang gitu kena jamal *heran-baru kali ini nemuin orang seneng girang gitu kena jamal* dan lain lagi sama raras, mukanya tetep kalem gimana gitu tapi juga ketawa-ketawa hahahahha~

nah kan berhubung, manusia doyan foto desita minta di fotoin lagi di bawah lampu sorot di depan gedung yang kalo kata saya cukup memberikan efek yang bagus buat sebuah objek di bawahnya. dan terbukti kan..

desita pose di bawah lampu sorot depan gedung BPA
dan ternyata keren kan pencahayaannya


habis kelar take foto di bawah lampu sorot kita cabut ke kamar, tapi saya diem sejenak.
ternyata dari tadi di perjalanan ada yang diem-diem nongol di atas langit.
ada bulan separuh yang kelihatan di ufuk barat.

subhanallah, indahnyaa...

ini bulan separuh yang nyempil di pojok barat
yang sempet saya abadikan buat penutup jamal ketiga


hahahhaahaaa~
saya banyak ketawa untuk malem ini

kepada langit

langit pagi hari
diambil dari jendela kamar



kepada langit
aku titip sekuntum guratan senyum
yang ku bingkai dengan rotan kuning
dan yang ku sembulkan goresan kata
"aku ingin pulang, buk"

kepada langit
aku titip sebongkah sajak keringat nadi
yang tengah bercerita tentang cita-cita
tentang bagaimana harapan harus terus berjalan
tentang mimpi dan tentang kehidupan
tentang senyum bapak yang selalu memberi pencerahan

kepada langit
aku titip serumpun do'a
untuk dia
untuk mereka
dan untuknya disana


masih dari jendela kamar yang spotnya ngarah langsung ke tempat jemuran
subhanallah ya langitnya



langit masih biru.

dugaan sementara sih, hari ini cerah.
tapi entah cuma hipotesis saja, soalnya bogor masih sering memberikan kejutan-kejutan terlebih beberapa waktu ini. seringkali semula cerah mendadak hujan deras, jadi saya cuma memberi asas praduga saja-tidak lebih.

dan masih sama, pagi ini habis bangun tidur kayak biasanya, ngebuka jendela dan oke, alih profesi jadi phonegraph, dan sekarang obyeknya langit. lebih tepatnya sih langit yang tampak dari jendela kamar yang arahnya tepat banget di tempat jemur pakaian di asrama.
dan entah kenapa juga dari sini saya nemuin view terapik kedua -setelah beranda belakang rumah- dan dari sini saya bisa liat dengan leluasa salah satu spot dari replikasi alam yang memikat hati.

kalo ditanya kenapa langit objek saya pagi ini?
sebenernya bukan gitu sih. dari dulu sampe sekarang satu plot yang emang ngga pernah lepas dari bidikan kamera handphone saya ini ya cuma langit.
kalo kata saya, ngeliat langit itu jadi semacam ritual sinergi tersendiri
soalnya dari langit, bener-bener bisa berasa deket aja sama sang pemilik jagad raya

dan dari langit saya tau satu hal.
bahwa dimanapun dan sejauh apapun saya berada -yang terpaut jarak ribuan mil dari kampung sana- dengan bapak dan ibu
kami masih tetap di bawah langit yang sama
dan itu artinya kami masih dekat
masih berdekatan
dan langit yang merekatkan

emmm..
mau share apa ya?
emmmm...
nikmatin aja langitnya
tanpa perlu saya banyak kata
pasti sudah menemukan banyak penjabarannya


langit siang
berhubung kelar ujian cepet saya bisa langsung balik ke asrama
dan dapet deh ini foto (lupa kapan tepatnya)




langit menjelang sore
mulai tampak senjanya




nemuin langit ungu-paduan jingga
pas mau keluar beli makan


besok mau capture langit lagi aaah~

Selasa, 03 April 2012

UTS

sedang proses melewati hari-hari pertemuan dengan banyak soal yang mengejutkan
dan pagi tadi udah ketemuan sama kalkulusiana
dan besok pagi ketemu sama kimiawian dan molekul atomik semuanya

okedeh..

selamat UTS
semoga dimudahkan
semoga dilancarkan
dan semoga.. semoga..semoga....

tunggu ya,
besok saya bakalan cerita banyak soal UTS saya di semester genap
saya izin buat ngilang sejenak
dan ngebiarin blog saya lapuk buat beberapa minggu ini :D