Rabu, 25 Juli 2012

replika

"terbilang rapi susunan abjadku kali ini, tidak lagi terpisah jajaran diksi yang tak pasti atau selipan majas yang entah berantah itu. kataku tadi, sesore ini aku menjamu-mu dengan sekepul kopi dan dua carik wafer coklat kegemaranmu. aku masih sama, masih akan terus duduk disampingmu, menemanimu, menunggumu bicara."
-kepada lembayun di ufuk jawa sana-

Senin, 23 Juli 2012

jilbab

"bagiku jilbab adalah piagam kemenangan gilang-gemilang, kemenangan terbesar bagi seorang perempuan Islam atas dirinya, atas imannya, dan atas dunia"
-andrea hirata.sang pemimpi-

hari ketiga Ramadhan, cukup dikejutkan dengan pesan singkat dari seorang sahabat, lebih tepatnya sudah dianggap sebagai keluarga sendiri. yaa.. teman sekamar selama setahun di asrama dulu.

22:12
Pris, kata km jilbab itu apa?
begitu singkat, namun sungguh sarat akan banyak makna dibalik singkatnya pesan yang dia kirimkan untuk seorang saya.

22:15
Kalo kata aku ya nggit, jilbab itu perintah Allah, kewajiban bagi setiap perempuan muslim, yang pada akhirnya menjadi sebuah kebutuhan untuk diri sendiri.

-lalu percakapan dari hati ke hati dengannya-

sampai akhirnya,

22.34
Pengen pake jilbab pris, tapi masih takut.. huhuhuhu
tapi udah niat mau pake dari semester 3 ini pris,,
kata kamu gimana?
22:35
subhanallah anggit, ayooo nggit realisasiin :)
ngga perlu takut nggit, apa yang musti di takutin?
itu aja perintahnya langsung dari Allah kan?
lantas apa yang kamu risaukan?

bagaimana hati tidak sumringah, mendapat kabar demikian. seseorang menetapkan atas dirinya untuk mulai berjilbab. jujur saja, saya juga baru pemula memakai jilbab, 6 tahun terhitung masa sekolah dasar, lalu 3 tahun terbilang masa putih biru lalu sisanya lagi 3 tahun masa putih abu-abu saya lewati dengan legamnya rambut hitam yang masih terurai disana-sini. sampai akhirnya bagi diri saya sendiri memutuskan untuk menjadikan momentum alih transisi dari title "siswa" menuju "mahasiswa" sebagai titik balik dari seorang saya. apalagi kalau tidak mulai mengenakan jilbab.

banyak orang yang dengan serta merta masih saja mengiyakan ketakutan pada dirinya yang terbilang tidak beralasan.

"aku takut, kalau pakai jilbab nanti dan sikapku masih kayak gini (baca: masih terbilang kocak-sering bercanda-dsb-tipikal anak yg ceria), ntar mereka gimana-gimana"

well, presepsi apapun orang tentang diri kita. cukup serap yang sekiranya bisa membuat kita bangkit dan bisa menimbulkan perubahan yang jauh lebih baik pada diri kita. yang gimana-gimana kata orang yang ngga menimbulkan efek apa-apa tapi malah justru menimbulkan asumsi yang kurang baik dari kita ke orang tersebut lebih baik diabaikan saja. terlebih dalam urusan memakai jilbab. tidak mesti semua yang berjilbab kalem kok, dan harus kalem, bahkan kalau malah kalemnya dibuat-buat justru akan menyamarkan jati diri dan itu tidak baik. bukan berarti dengan memakai jilbab terus kita membatasi diri untuk menunjukkan "ini loh saya", tetapi dengan berjilbab kita tau batasan-batasan diri. batasan-batasan sesuai ketentuan dari Allah. yaaa menurut perintah Allah.

saya bukan orang yang pandai untuk bercuap-cuap dan lebih banyak berkomentar soal jilbab. saya baru belajar, dan sampai sekarang masih belajar untuk terus menjilbabi diri saya, hati saya dan saya sendiri secara keseluruhan.

maka itu, ketika seorang teman mengutarakan niatnya demikian, sungguh saya ingin dia segera merealisasikannya.. :)

kepadanya,
tenang sayang, Allah sudah menetapkannya secara jelas masalah jilbab dalam Al-Quran
lalu apa yang perlu kamu ragu dan risaukan?
tidak perlulah kamu takut akan asumsi orang nantinya terhadapmu, ketika secara langsung kamu tampil dihadapan mereka dalam kondisi yang berbeda, jauh luar biasa lebih baik daripada sebelumnya dengan jilbabmu itu. Allah sayang, hanya Allah yang tau bagaimana proses kamu menjadi demikian. biarlah Hakim yang sebenar-benarnya hakim yang menilai kamu apa adanya.
jadi kamu tidak perlu ragu yaa...
tenang sayang, Allah bahkan sudah lebih dulu menetapkan suatu akhir kepadamu disaat kamu masih merenda jalan menuju akhir versimu sendiri, Allah sekarang yang menggerakkan hatimu untuk mengenakan jilbab, untuk mulai menjilbabi dirimu lalu seiring berjalannya waktu juga menjilbabi hati dan secara keseluruhan dari kamu. maka, apa yang perlu kamu risaukan lagi tentang bagaimana akhir dari dirimu ketika kamu sudah mengenakan jilbab agungmu? sungguh bahkan, Sang Sutradara sudah menetapkan padamu alur yang demikian.
tenang sayang, Allah bahkan jauh lebih tau apa yang kamu butuhkan, meskipun mungkin di awal nanti kamu berat menjalaninya, sungguh janji Allah itu pasti. Allah tidak akan memberikan satu cobaan apapun diluar kemampuan hamba-hambaNya, yaa.. sekalipun kamu mengenali bagaimana kamu selama ini. tetaplah Allah yang menciptakanmu yang lebih mengenalimu sebagaimananya..
Jangan ragu ya sayaang..
satu langkah pastimu akan mengubah segala yang ada menjadi jauh lebih baik :)
kenakan jilbab anggunmu itu yaa,,,


p.s
tenang nggit, pris udah banyak belajar soal model-model kerudung
jilbabers lah yaa, ntar kalo anggit pake jilbab pris yang bagian model-modelinnya, oke?
hihihi bakalan bikin anggit lebih cantik kok :)


Sabtu, 21 Juli 2012

ammah, kangen.. :')

sejak sore kemarin bogor tidak lagi diguyur hujan, mungkin untuk sementara waktu gelar agung "kota hujan" sedikit tersamarkan dengan ketidakhadirannya berkali-kali. yaa.. sekali lagi untuk sekian kali saya merasakan yang namanya merindukan hujan.

semenjak beberapa hari lalu terpatok di hari ini, saya kembali menjalani rutinitas hari, dari melangkahkan kaki pergi-pergi sampai terhenti. terhenti ketika bola mata tepat beradu pada sosok yang amat dikenali.

"benar, itu ammah"

batinku lalu menghampirinya,

ini saya foto barengan sama  ammah mila -pasca farewell gedung-

ammah masih sama seperti yang dulu, masih energik merenda hari, langkahnya kian pasti, dari kejauhan tak tampak langkah sepi mengiringi. dengan jilbab warna cokelat muda melekat di singgasananya membuat ammah terlihat lebih anggun, dipadu dengan seringai senyum ikhlas yang sempurna menghiasi rona ammah kala itu. yaaa..  subhanallah, ammahku.. :)
ammah tidak terlihat letih, meski dalam perbincangannya ammah memberi tahu bahwa ammah baru saja pulang dari amanahnya untuk pkl di beberapa tempat berpuluh kilometer dari Bogor.

"sekarang ammah di A4 pris, lantai 5"
-ammah mila, dengan senyum khasnya-

ammah masih tinggal di asrama, dengan amanahnya menjadi SR, setahun yang lalu beliau masih mengampu lorong saya, di gedung asrama A1 lorong 8 dan itu lantai 2. Namun kini, tangga-tangga Rusunawa -panggilan gedung asrama A4- yang akan menjadi saksi perjuangan ammah untuk terus memberi yang terbaik kepada adik-adik lorongnya. meski sangat disadari, menaklukan gedung dengan 6 lantai dan ditiap lantainya terdapat anak tangga yang ternyata beranak lagi dan lagi itu tidaklah mudah untuk dilewati barang sekali atau dua kali. butuh perjuangan untuk membiasakannya, agar lelahnya tersamarkan, dan menjadi awal dari kebiasaan -naik turun tangga-.

"wah, semangat yaa mah, lantai 5 loh"
-saya-
"iya pris, harus tetep semangat."
-ammah-

ammah tetap semangat, bahkan semangatnya tidak pernah pudar, seperti kata ammah. hidup ini perjuangan dan perjuangan tidak bisa kalau dilalui begitu saja tanpa tantangan. hemmmmh.. ammah memang super :)

oh iya mah, pris kangen loh sama ammah
kangen teriakan ammah tiap pagi bangunin buat sahur
kangen ketukan pintu kamar dari ammah pertanda sholat subuh tiba, 
kangen ajakan ammah buat serta merta sholat jamaah di asrama.
kangen mah, 
kangen ammah.. :')


so deep


asa hati baca mention beginian langsung ngaca -____-"
shauuuun!!!

tut wuri handayani

"buk, kula tak budal riyin nggeh ajeng sekolah."
-ragil-
berbekal semangat menjemput tut wuri handayani, ragil melangkah. membentangkan sayap merah putihnya. baginya sekolah adalah harga mati, tidak bisa ditawar lagi, pun demikian dengan kedua orangtuanya. dengan semangat menggebu dan tanpa ragu, dengan sigapnya ragil mengenakan topi kebanggaannya, topi tiada duanya, topi pencitraannya, topi sederhana dengan logo "tut wuri handayani" yang kokoh dengan bordir kuningnya sudah melekat dikepalanya.

ya, kini ragil sekolah lagi setelah putus dari jejaring pendidikan selama beberapa tahun. karena apa? miris memang, karena biaya.. lagi dan lagi..

kepo

saya engga tau seberapa banyak orang yang "kepo"-in saya lewat blog ini. entah buat sekedar tau saya lagi suka apa, saya lagi demennya sama siapa, atau mungkin senyum-senyum sendiri begitu baca ada sekelibat namanya yang muncul di tiap postingan saya.

selamat berkepo ria sajalah, toh saya juga sama saja. sering kepo-in blog orang.hehe
-saya.Pristi Sukmasetya.mahasiswi semester 3-

emmh, ngomongin soal kepo, kemarin di linimasa saya sempat juga jadi trandingtopic, dari yang frontal bilang kalau kepo ujung-ujungnya bikin sakit hati gara-garanya tau kalau si doi lalallalaa.. sampai kepo yang bermanfaat.

well, kalau pendapat saya sih,
"luruskan niat aja kalau mau kepo, tetapin tujuan kepo-nya apaan, kalau engga jelas ya minimal sedikit diperjelaslah, jangan sampai abstrak. hahahaha" #random
kepo itu semacam sindrom ingin tau berlebih mungkin ya? soalnya setiap orang yang kepo itu selalu aja punya cara gimananya buat bisa dapetin informasi meskipun ngga banyak dari targetannya. tapi setidaknya jejak-jejak yang tadinya bahkan tidak terjamah lambat laun menemukan tapakan-tapakan yang bisa disusuri keberadaannya.

cara kepo juga banyak kok,
untuk yang ini saya banyak belajar dengan salah satu rekan @korpusIPB, -masjawa- yang dikenal dengan panutan kepo-ers meng-indonesia. hahhaa bagi yang ingin mengetahui jurus kepo terjitu, sok bisa hubungin beliaunya.

emmmh, yang jelas, setiap pribadi atau individu dari manusia pasti dianugerahkan dengan perasaan ingin tahunya terhadap sesuatu. entah berlandaskan asas untuk mencari sebuah kebenaran atau pembenaran akan suatu hal yang memang sudah menjerat rasa ingin tahunya itu tadi. atau sekalipun untuk mengetahui sesuatu yang dianggap tidak penting oleh kebanyakan orang,  yaitu untuk mengetahui seseuatu yang bahkan bukan bagian dari lingkar dirinya. -kurang kerjaan-

yaaa.. setiap orang berhak melakukan apa yang dia mau, termasuk dalam hal ini cara kepo-nya sendiri. hehehheee :p

so, you wanna try?
become the part of kepo-ers? :D
just enjoy ur way, guys.

hahahhahaa..
salam kepo-ers.
-setiap orang berhak untuk berpendapat-

WPAP

 -___-" keduanya itu saya tapi kok beda ya
bermula dari keisengan seorang saya yang kala itu hadir dalam rangkaian acara IPB blogging day, duduk berderet bersama-sama dengan anak korpus, dan duduk disebelah saya persis adalah ketua angkatan biologi 48, sebut saja dia "shaun" yang kala itu tengah asyik mengoprek laptopnya. disela-sela pengoprekannya tidak sengaja ada satu bagian yang sukses mencuri perhatian saya, yaa..  serangkaian gambar dengan etnik kotak-kotak dan warnanya padu. setelah diceritakan bagaimana mulanya, saya baru tau kalau kotak-kotak begitu itu tu rumit, ruwet dan ribet dan ternyata sang ketua angkatan yang membuatnya dengan jemarinya yang lentik itu.

well done, intuisi seorang wanita. hahahhaa pengen dibikinin -___-" #ngeeeeek.

oh ya, jujur sebelumnya pun bahkan saya engga tau model editing apaan yang kayak begituan. yang saya tahu ya edit kotak-kotak semacem vektor gitu. tapi ternyata yang ini beda, emmm.. beda-beda sama atau emang beda ya? aaah kurang pahamlah saya bagaimananya, cuma kata "shaun" ini namanya WPAP, saking penasarannya saya googling tu buat bener-bener tahu apa sebenernya WPAP itu dan menurut hasil dari bertamu ke lapak orang bahwa,

"WPAP adalah singkatan dsingkatan dari Wedha’s Pop Art Portrait. Nama ini belakangan menjadi populer di ranah dunia ari Wedha’s Pop Art Portrait. Nama ini belakangan menjadi populer di ranah dunia maya, Sebelum menjadi nama WPAP dulunya masih disebut FMB (Foto Marak Berkotak).
Proses perjalanan berkarya Pak Wedha selama puluhan tahun itu membuahkan hasil lantaran karya WPAP kini semakin berkembang dan “meracuni” pecinta vektor dan pelaku seni vektor di Indonesia.
Karena dalam WPAP adalah seni membuat lukisan vektor dalam bentuk foto maka kemiripan terhadap seorang model atau figure yang menjadi objek acuan adalah mutlak dan tidak bisa dihindari.
Proses pembuatannya memang menggunakan teknik menjiplak (baca: tracing) dengan komputer, namun tracing yang disajikan di sini adalah tracing yang kreatif. Artinya tidak melulu meniru apa yang terdapat pada foto tersebut.
Desainer WPAP sah-sah saja memodifikasi dan mengganti warna yang sama sekali tidak sama dengan foto. Terpenting adalah mirip."
-dikutip dari http://kvp213anika.wordpress.com/budaya/

ya, seenggaknya jadi pahamlah apa itu WPAP, dan alhasil setelah dengan jurus tawar-menawar dengan beliaunya dan lalu sedikit merengek untuk dibikinin akhirnya jadi juga walaupun setelah mintanya kapan dan jadinya kapan. hahhaa

cuma..

emmmmh...

itu bener saya bukan ya?
merasa tidak mengenali wajah sendiri.
hahahhaa

thankies shaun WPAPnya :)
ntar saya coba bikin sendiri.

Minggu, 15 Juli 2012

keluarga

ini kali ya 'sense of belongin something'/rasa memiliki terhadap sesuatu,  yaitu ketika kamu bisa dengan semangatnya bolak-balik kesuatu tempat selama 3 hari berturut-turut tanpa menghiraukan seberapa banyak energi yang kamu keluarkan untuk hal itu, ketika kamu bisa melepaskan segala rupa kepenatan yang ada dalam diri bahkan tertawa lepas tanpa merasa canggung, dan melakukan apapun. :)

terlebih merasakan bahwa kalian itu 'keluarga'
cc: @umiTrimukti, @fadhline, @masjawaa, @jihadje, #kakFarid

p.s
kita malem mingguan lagi yuk di sekret. hahaha.
kedepannya, keluarga kita harus lengkap ya :)

Sabtu, 14 Juli 2012

sederhana


-diawali dari sebuah niat dalam diri untuk mencoba meneruskan apa yang sudah pernah diikuti dengan suasana yang baru dan sambil perlahan menyelami jati diri-

sms dikirim
"Ibuk, ada audisi jadi MC adek mau coba ikut ya buk, siapa tau bisa lolos.hehehe."
-saya-

sms diterima
"Iya dek, dicoba dulu aja. adek ngga usah minder dulu yang semangat ya."
-ibuk-

setelahnya langsung menghubungi pihak panitia terkait dan mendaftarkan diri menjadi peserta audisi. oke fiks, alasan pertama karena saya memang ingin meneruskan apa yang sudah pernah dilakukan sewaktu dulu dan sekarang dengan suasana yang baru ingin menapakinya. semangat. :)

***
12 Juli 2012 -audisi-

sms dikirim
"Ibuk, Bapak, Mas, Mbak hari ini seleksinya, doakan nggeh semoga bisa lancar, syukur-syukur bisa lolos.hehe amin :)"
-begitu selalu setiap ada event apapun selalu memberi kabar keluarga-

sms diterima
"Iya dek, Ibu selalu mendoakan, jangan lupa Bassmallah sama Al-Fatihah nya ya."
-sms Ibuk yang jujur, sungguh menenangkan-

ada juga sms dari Bapak
"Iya dek, semangat ya.. adek pasti bisa."
-bapak yang tiada pernah lelah memberi sejuta semangat-

dan dari mas juga mbak
"Semangat sayaang :)"
-embak.yg lebih ahli dibidang ini-

"oke sip"
-emas.simple memang tapi terimakasih-

Alhamdulillah audisi lancar *versi saya* untuk selanjutnya cuma bisa berdo'a, syukur diterima kalaupun engga ya ngga masalah, yang penting saya sudah berani untuk mencoba.

***
selang beberapa hari kemudian

sms diterima
"Bissmillah
Assalamu'alaikum wr.wb
Terimakasih telah meluangkan waktu dan ikut berkontribusi dalam penyeleksian MC, kami ucapkan selamat bagi yang mendapat sms ini, anda berhasil lolos seleksi MC."
-panitia penyelenggara-

Alhamdulillah YaaRabb, Alhamdulillah :)

sederhana memang cara Ibu memberikan sebuah do'a untuk anaknya, dan cara seorang Ayah memberikan setruman semangat tersendiri untuk putri kecilnya, juga peran kedua Kakak yang dengan caranya masing-masing mensupport adiknya. tapi begitulah jalannya. jalan Allah mempertemukan pada muaranya.

"Alhamdulillah, Terimakasih YaaRabb untuk nikmatmu ini untuk memberikan Bapak-Ibuk-Mas-Mbak yang dengan sederhananya selalu membantuku untuk mencapai ke satu muara :)"
-saya-

Kamis, 12 Juli 2012

terimakasih (lagi)

terimakasih untuk salah seorang keluarga, yang mungkin sekarang tengah menerima e-mail dari saya dan permohonan tolong untuk mengubah sebuah icon biar tampak kece bahkan mungkin bisa lebih unyu gimana gitu atau berubah menjadi 'sesuatu'. hahahhaa

terimakasih :) 
-dari seorang saya kepadanya-

kenapa ILKOM ?


 -bermula dari tugas masa perkenalan departemen yang sekedar pengen tahu kenapa saya milih departemennya-
saya suka komputer dan dunianya, mungkin ketertarikan saya bermula karena abang kandung saya (kakak laki-laki pertama) yang dulunya juga alumni IPB dan beliau juga lulusan departemen Ilmu Komputer itu memperkenalkan kepada saya bagaimana seru dan asyiknya games itu. oke dalam hal ini abang tidak serta merta mengajarkan bagaimananya lebih kepada saya yang selalu antusias ketika abang sudah stay didepan laptop/pc dan mulai memainkan gamesnya. fyi games yang saya gandrungi disini semacam pes,dota,gta,nfs dan semacamnya yang kata kebanyakan teman itu harafiahnya games 'cowok'.
ini salah satunya : DOTA -__-"
saya menyukai dunia anak, namun tidak serta merta saya lalu jadi dokter anak, tapi kebanyakan dari mereka bilang saya pas jadi psikolog -alasan simpelnya mereka sering curhat sesuatu halnya ke saya- hahhaha tapi benar juga sih saya suka mengamati gerak-geriknya, dan suka mengamati bagaimana tumbuh kembangnya, lebih luas lagi saya suka mengamati bagaimana kehidupan manusia. mulai dari perkembangan secara psikologisnya, cara berfikirnya dan mungkin ini hampir samanya dengan Ibu yang dulu lulusan psikologi.
mimpi yang 'mungkin' digantikan dengan yg lain lebih dahulu
kata orang saya cerewet, saya pinter kalau disuruh tampil kedepan trus pidato lalallalaaa, saya cocok buat masuk komunikasi persis sama kayak embak (kakak kandung perempuan saya-anak kedua) tapi entah kenapa mungkin 'soul' saya kurang dapet kalau masuk jurusan itu walaupun ada ketertarikan juga disana.
akhirnya dengan keputusan bulat dan semangat tekad 45 yang tiada habisnya *rada lebay*, saya memutuskan untuk mengambil Ilmu Komputer, mengapa?
ILMU KOMPUTER IPB

-terobosan besar untuk pertanian di kampung halaman-
bukan karena mengikuti jejak abang, lebih kepada saya tau saya ingin menggali potensi yang ada lewat ilmu yang akan saya terima dipadukan dengan basic IPB yang bergerak di bidang pertanian. saya ingin membuat sebuah terobosan besar untuk menggerakkan roda pertanian di kabupaten saya di Temanggung yang notabene penghasil tembakau terbesar dan terbaik yang ada di Indonesia bahkan se-Asia Tenggara. namun dalam pengelolaannya masihlah sangat kurang dan dalam bidang teknologinya bisa dibilang belum cukup memadai -meski sudah beberapa ditanggulangi- untuk itu dengan Ilmu komputer saya bisa tau trik untuk membuat sebuah program yang kelak bisa bermanfaat untuk pertumbuhan tembakau di Temanggung.

Tembakau yang jadi icon Temanggung selama ini
 -inovasi terbaru dalam memahami karakter manusia-
saya menyukai bagian dimana saya bisa berinteraksi dan memahami soal anak ataupun kehidupan manusia, suka mengamati gerak-gerik, sifat dan sebagainya. dengan Ilmu Komputer seyogyanya saya juga ingin membuat sebuah aplikasi yang dengan pengolahan datanya lewat program tersebut bisa menganalisa sifat-karakter dari tiap individu, sebab banyak sekali percekcokan yang sering terjadi. dengan alat/program tersebut bisa membantu seseorang untuk mengenali karakter yang lain. sangat dianjurkan untuk sebuah perusahaan dalam merekrut pegawainya, atau bisa diaplikasikan ke yang lain.

dengan software ini semuanya bisa saling memahami :)

-implementasi untuk penambahan keberanian 'unjuk gigi'-
karena saya suka public speaking dan menurut orang saya 'lihai' dibidang itu *padahal dari diri sendiri masih merasa kurang*, saya juga ingin mengembangkan sebuah program yang bisa membantu orang-orang yang ingin belajar public speaking untuk dirinya, agar bisa terus berkembang rasa percaya dirinya dan tidak perlu takut untuk tampil di depan khalayak umum, kelak program/software ini akan membantu muda-mudi Indonesia agar bisa speak-up di kancah Internasional.
someday, saya bikin mereka yang takut bicara di depan publik, buat angkat bicara
 mungkin kurang lebih seperti itu alasan saya memilih Ilmu Komputer, dengan segambreng materi yang kebanyakan orang bilang 'mahadewa'. saya disini belajar untuk menyukai dan menikmatinya bukan menjadikan mereka 'momok' tapi sahabat dan keluarga. 
oh iya yang jelas saya di ILKOM tidak sendiri, ada teman satu angkatan yang sudah merangkap sebagai keluarga, ada kakak tingkat yang kesemuanya juga keluarga, adan bapak-ibu dosen yang ternyata juga keluarga.
jadi ya sama keluarga sendiri, pasti saling bantu. percaya. bisa  :)


lalu, bagaimana dengan anda? pasti punya cerita juga kan ya di balik semuanya? tuliskan.. tuliskan.. biar semesta membantumu untuk mewujudkannya.

bissmillah

sudah dikunci semoga tidak meleset, sekalipun meleset pasti Allah menempatkan di hari-tanggal-tempat yang paling pas. amin.

"bissmillah 18 September 2012, negeri sakura, amin"
-saya-

Rabu, 11 Juli 2012

dear, Fadil

sampai sekarang masih memperbanyak fakta soal kamu, dil. makanya sampai sekarang juga postingan yang spesifik dan menjurus langsung soal kamunya masih disamarkan terlebih dulu sampai bukti-bukti dan segala macam rupa seluk-beluk faktanya terkumpul jadi satu dan dirasa cukup.

cuma dari sms yang terakhir hari ini terkait soal 'jatinangor', semakin membuat percaya bahwa akan ada maksud dibalik semuanya. hahhahahaaa *cuma bisa ketawa*.

"dunia sekarang makin dipersempit, dil"
-untuk seorang buffer yang merangkap menjadi senja yang utuh-

quotes

"tidak ada yang namanya kehilangan mimpi, yang ada hanyalah mimpi itu digantikan dengan mimpi lain yang jauh lebih baik lagi."
-kutipan dari salah seorang keluarga di Korpus IPB. layouter. cc:fadhline-

yaaa..
setidaknya semakin mantap dengan mimpi-mimpi yang lain
ayoo mencentang mimpi (lagi) :)

Selasa, 10 Juli 2012

harga mutlak

sebelumnya maaf, 
maaf untuk 'menghilang'nya seorang saya dari peredaran kampus selama beberapa hari ini. memutuskan untuk meng-cancel semua agenda yang ada. bukan berarti mengurangi rasa keantusiasan seorang saya untuk ikut, lebih kepada saya sadar bahwa yang tengah saya lakoni itu adalah harga mutlak.

***

Sabtu, 7 juli 2012

dalam telepon singkatnya pukul 04.45 dini hari,
"Dek, Ibuk sudah sampai di jalan tol yang nanti setelahnya sampai bekasi, hayooo adek baru apa?"
-ibuk&bapak.dalam perjalanan menuju bogor-
Yaa.. hari ini Ibuk datang ke Bogor dan tentunya ngga sendirian, tetapi lengkap dengan Bapak. yaa keduanya akhirnya memutuskan untuk hijrah sementara ke Bogor karena ada suatu hal yang harus diurus disini, tidak hanya itu saja tetapi juga karena saya harus menunda kepulangan saya ke Temanggung -soalnya saya ikut sp- jadi Ibuk dan Bapak yang akhirnya mengunjungi saya di Bogor. dengan demikian rasa kangen saya dengan rumah terlebih isinya bisa terobati dengan kedatangan beliau-beliau ke ranah bogor ini.

hari sabtu ini agenda saya kosong, yaa sudah sengaja memang saya kosongkan setelah tau bahwa Ibuk dan Bapak datang, jadi saya bisa full menemani Bapak dan Ibuk nantinya. saya berangkat pagi-pagi dan meluncur menuju tempat abang untuk bersama abang menjemput Bapak dan Ibuk di Panaragan. Fyi, bis 'gajah' yang membawa Bapak dan Ibu dari Temanggung itu memang pemberhentian terakhirnya ada di Panaragan, dan dari sana tinggal naik angkot 03 turun lampu merah trus ganti naik angkot biru trus nanti turun ke tempat abang. yeaaaay.. finally, Bapak, Ibuk sampai juga. and its family time.. :)

***

Minggu, 8 Juli 2012

mendadak hp lumayan rame sama sekelibet jarkoman dan berbagai macam maksud dan tujuan pesan, bahkan beberapa ajakan menggiurkan dari kerabat, dan jujur, yang paling menggiurkan untuk kategori saya adalah ajakan untuk melihat LT V di cibubur sana.
"Dek, lagi kosong ngga? di cibubur lagi ada LT V loh, ayo kalau ngga sibuk nanti tak anter ke sana buat liat."
-salah seorang kakak dari elang-
asa hati mau langsung jawab "iyaa, ayoo berangkat." dan akhirnya berangkat ke cibubur tapi engga bisa gitu, 
"Yaaah asa hati pengin ikut mas ke sana nonton live LT V, tapi Bapak sama Ibuk baru di Bogor mas, heheh harga mutlak"
-seorang saya yang menetapkan bahwa orang tua adalah harga mutlak-
yaa.. akhirnya saya ngga jadi pergi ke cibubur dan engga liat LT V, yaaa.. lebih karena saya enggan mengurangi jatah kebersamaan saya dengan kedua orang tua saya. so simple, right? Harga Mutlak :)

 ***

Senin, 9 Juli 2012

seperti yang saya bilang sebelumnya, perihal bahwa pada hari sebelum hari ini hp saya lagi ramai soal jarkoman-jarkoman dsb, ada satu jarkoman dari salah satu kepanitiaan yang tengah saya ikuti, bahwa akan ada up-grading kedua untuk kepanitiaan tersebut dan diharapkan untuk seluruh panitia mengikutinya. dalam hal wajib acara ini termasuk sakral dan wajib bagi seluruh panitia.

jujur, secara kruaksial saya sudah memantapkan akan ikut, dari jauh-jauh hari sebelum saya tau bahwa akhirnya hari ini, 9 Juli 2012 menjadi hari ditetapkan up-grading kedua dan hari dimana Bapak dan Ibuk masih ada di Bogor, jadi rencana semula dirancang ulang dan tidak pikir ulang lagi saya langsung kirim sms kepada kadiv saya, meminta izin untuk tidak ikut karena ada acara keluarga dan Bapak juga Ibuk sedang berada di Bogor, dan tidak boleh tidak ikut. sungguh, bahwa sebenarnya saya ingin ikut, tapi bagaimana lagi,

Bapak dan Ibuk itu harga mutlak :)

***

Selasa, 10 Juli 2012

sama seperti kemarin, malam sebelum malam ini banyak jarkoman perihal gathering mpf yang akan dilaksanakan pagi ini pukul 06.30 di parkiran alhur dengan segala macam SOP dan penugasan yang sudah dijelaskan. di lain pihak hari ini adalah hari terakhir Bapak dan Ibu di Bogor, yaa.. siang nanti pukul 13.00 Bapak dan Ibuk sudah harus stay di pool bus untuk pulang ke Temanggung.

then,
sudah tau kan bagaimana pilihan saya?
emmm.. lebih tepatnya bukan pilihan, sebab saya tidak diharuskan untuk memilih.
yaaa... sebab yang dihadapkan pun bukan sebuah pilihan.

karena itu hari terakhir Bapak, Ibuk ada di Bogor dan hari ini pulang, dan otomatis saya mengantarkan Bapak dan Ibuk tanpa harus mengurangi jatah waktu saya di awal hari, jadi saya cancel semua acara yang ada dan akhirnya saya menghabiskan waktu bersama Bapak-Ibuk.

oh iya, merasa tersanjung dengan perhatian-perhatian yang diberikan oleh orang-orang disekitar saya, sampai-sampai banyak sms yang masuk menanyakan kabar saya setelah sekian hari tidak tampak batang hidungnya.
"Pris, kemana aja? kok ngga ada kabarnya?"
-seorang sahabat di kepanitiaan-
 atau salah seorang kakak SG di kelompok mpf yang bertanya,
"Assalamuallaikum, pris sehat kan? pris kemana? tadi tanya mbak indah pris izin yaa mau nganter ayah sama ibu? hati-hati yaa pris.."-seorang kakak SG di AK 17-
heheheee..
cuma bisa jawab, maaf untuk ketidakhadirannya, bukan karena tidak antusias dan semacamnya atau menggugurkan kewajiban-kewajiban seharusnya dan tetapi terus menuntut haknya, bukan demikian. lebih karena ketika harga mutlak sudah tidak bisa dibantah oleh apapun itu sebagaimanapun bentuknya :) 

sampai siang ini pas banget waktu nganterin Bapak sama Ibuk di pool busnya, mendadak hp bunyi dan ternyata itu jarkoman dari salah seorang teman di departemen, yang menginfokan diwajibkan kumpul untuk membahas tugas angkatan, sekali lagi saya balas smsnya demikian.
"Assalamuallaikum, sarah maaf yaa pris izin ngga dateng dulu, soalnya ini ayah sama ibu baru mau pulang, jadi pris musti nganterin dulu, nanti kalau ada apa-apa sms pris yaa rah, salam buat semuanya.. orangtua itu harga mutlak rah, hehe."
-saya kepada sarah teman satu departemen-
dan akhirnya bis gajah membawa Bapak dan Ibuk pulang lagi ke Temanggung. dan saya balik ke kostan untuk selanjutnya melaksanakan segala macam bentuk aktivitas yang bisa dilaksanakan. 

yaa, benar memang.
kalau ada alasan yang membuat saya dengan mantap meng-cancel semua acara yang ada yang semestinya dilaksanakan itu karena ada Bapak dan Ibuk, entah terkesan saklek memang orang membaca, tapi itulah saya dan beginilah saya.

Bapak dan Ibuk itu Harga Mutlak :) 

Kamis, 05 Juli 2012

quotes

selama kamu masih bisa mensyukuri atas apa yang sudah kamu dapatkan, kamu tidak akan pernah merasa kekurangan :)

owl

"warnanya coklat keemasan, lucu, dan sudah memikat hati saya sejak pertama"
-saya yang tersihir kharisma burung hantu bernama "tenerife"-
si owl yang bikin saya jatuh hati :D

namanya 'owl' , unyu kan yaa?

dia baru aja dibeli kemarin, hari rabu tanggal 4 Juli 2012 disalah satu toko yang gedungnya gede-gede trus lebih dari 2 lantai yang ada di deretan Kota Bogor sana, emmmmhh.. ngga ada niat apa-apa sih buat beli beginian sebenernya, tapi begitu liat mukanya yang lucu trus unyu-unyu gimana gitu yang kayak ngrengek buat dibeli, yaudahlah akhirnya saya beli aja,, tapi sempet di taroh lagi trus cari-cari barang lain yang mungkin ngga kalah unyu sama si owl, tapi ujung-ujungnya setelah pencarian yang lumayan cukup lama tetep aja balik ke doi dan resmi-fiks masukkin doi ke keranjang belanjaan buat dibayar.

nah pas itu saya baru inget kalau ntar pas mpd ada tuker kado, yaudah daripada ntar-ntar bingung cari kado apaan buat tuker kadonya rencananya si owl ini yang bakalan jadi bingkisan istimewa dari saya. hehe..


udah ah, semoga kelak yang dapetin si owl bisa ngejagain dia sebagaimana mestinya..

"kepada anda yang nantinya terpilih untuk menjaga owl 
tolong jaga dia ya,
umurnya masih h+1 dari hari pembeliannya, 
masih cupu dan belum bisa apa-apa"

tertanda
yang mengasihinya dari pertama membelinya

27

 -seharusnya ini postingan ngga 'ngendep' di draft sejak kapan tau, tapi baru berhasil publish-alhasil retorika "romantis" yang mau saya bikin biar samaan sama judul sama tanggal postingnya jadi acak adul gini, tapi masih tetep layak baca kok :)-

pagi ini saya masih saja enggan dibangunkan dari kasur empuk saya di kamar kostan, entahlah karena tau jadwal hari ini kosong saya enggan untuk beranjak dari kasur, masih sibuk berleha-leha dengan bantal dan guling yang ada dan serta merta dibangunkan karena mata beradu pandang dengan kalender yang menempel di dinding. aaah lalu pikiran saya bermetamorfosa.

tanggal 27 itu banyak sekali memorinya, dan ada yang bilang kalau memori cuma disimpan hanya bisa mengawang, selebihnya dilupakan, maka itu saya mau menuliskannya, setidaknya untuk diri saya sendiri biar ada kenangannya.

27 JUNI 2011
di bulan ini, pertama kalinya saya menginjjakkan kaki untuk yang pertama kali di asrama, di bulan ini pertama kalinya saya resmi tidur diranjang yang tak bertuan. bertuan pun hanya 1 tahun, setelahnya selalu ada reinkarnasi ganti empunya. di hari ini juga, saya untuk kali pertamanya tidur tidak satu atap dengan orang tua, yaa meskipun ada di tempat yang sama kali itu, bapak dan ibuk juga mas dan mbak tidur di kostan emas, sedangkan saya? yaa saya sudah menjajal malam pertama di kamar asrama. alhasil semalaman saya ditelfon dan terus disms, 
kata ibuk
"takut kalau adek engga kerasan, kan adek ngga pernah yang namanya jauh dari rumah."
-seorang Ibu, yg anak bungsunya resmi tinggal di asrama selama setahun masa Mahasiswa-

27 JULI 2011
saya lupa kejadiannya bagaimana, tapi yang pasti satu hal, saya merasakan yang namanya ramadhan pertama (meskipun bukan hari ini hari pertamanya) tapi yang pasti tau kalau puasa jauh dari rumah itu kerasa bedanya, di rumah apa-apa ada, kalau disini untuk bikin apa yang kita mau jadi ada (terlebih saya) butuh usaha.

27 AGUSTUS 2011
posisi saya sudah di rumah, yaa akhirnya saya kembali pulang ke tanah kelahiran yang sudah sangat saya tunggu-tunggu aroma khas dari udaranya, dingin dari airnya dan tentunya kebulan asap dari dapur rumah pertanda Ibu mengolah sesuatu menjadi hal yang luar biasa untuk dihidangkan di meja makan. yaaa masih suasana ramadhan, dan sungguh menyenangkan bisa bersama keluarga.

27 JUNI 2012
saya kembali bernostalgia apa yang telah saya lakukan hari ini tepat setahun yang lalu, dan menuliskannya kembali dalam postingan ini. dulu saya bisa online lewat leptop di asrama sambil menghadap ke jendela luar. dan kalau sore-sore begini penantiannya satu. yaitu senja. tapi untuk kali ini beda hari saja beda cerita, gimana yang beda tahun? yaa sekarang saya sudah ada di tempat yang beda dengan saya setahun yang lalu saya di kamar baru, kamar pencetak sejarah baru untuk saya kedepannya. di kostan. oh ya adalagi yang baru di hari ini, tadi pagi seusai RG kepanitiaan yang kedua saya merayakan ulangtahun sahabat baru saya di Bogor, namanya Fadila, -tunggu yaa postingan selanjutnya-  tapi untuknya

"selamat ulangtahun Fadil, semoga semakin disayang Allah yaa.. dan dimudahkan dalam segala pencapaian hidup.. aminn"
-salah seorang teman yg diperkenalkan oleh Allah denganmu kala perbincangan soal senja-

27 JULI 2012
sedikit memprediksi akan apa yang saya lakukan pada tanggal itu di bulan Juli ini, saya masih disibukkan dalam kepanitiaan mahasiswa baru dan masih disibukkan dengan perkuliahan semseter pendek, yaaa saya menikmatinya...

sebenarnya tidak hanya 27 yang menuai cerita, dari 1 sampai 0 lagi saja bila dirangkaikan akan ada banyak versinya, entahlah.. saya tertarik dengan angka 27 :)

Minggu, 01 Juli 2012

alay

oke, mungkin judulnya memang begitu tapi jangan langsung berpikiran negatif

jadi ceritanya berawal dari kebingungan saya menghadapi geliat blog yang tiap kali mau posting krusor aktifnya tidak menaampakkan jati dirinya. entah juga gimana ceritanya bisa gitu, terakhir kali ngepost bisa kok, lancar-lancar aja, tapi makin kesininya kok malah aneh-ngga jelas dan krusor aktifnya ngga ada, dan saya udah pusing bener-bener depres gara-gara beginian. sedikit curhat, satu draft tulisan saya hilang dan ngga bisa kembali karenanya. alhasil saya kontak teman saya, yang saya nilai expert dalam hal beginian. namanya Rahmanda Wibowo.

 sesi 1 : curhat masalah 'krusor aktif' via chat sama rahmanda

puas curhat sama rahmanda, saya kasih tu akun sama passwordnya, kali aja habis diutak-atik sama dia bisa muncul krusor aktifnya, selang beberapa saat.

sesi 2 : kursor nya kedap-kedip sama rahmanda -___-"

dan setelah diutak-atik sama rahmanda ternyata 'krusor aktifnya' tampak, dan padahal bener deh ini saya ngga bohong kalau sama saya sama sekali engga nampak. 


sesi 3 : krusornya genit cuma sama rahmanda, sama saya engga, kesimpulannya gender si krusor 'male' soalnya engga genit sama saya 'female'

udah hampir depress tu ya, gara-gara si krusor maunya kedap-kedip sama rahmanda doang, kalau sama saya engga mau, yaudahlah dicoba sekian lama dan ternyata-akhirnya bisa juga si krusor kedap-kedip ke saya, itu juga kalau saya nge.share link dulu ke rahmanda.  -___-" what the sekali, kayaknya si krusor mau caper sama manda. *maaf manda bukan kehendak saya*. karena dirasa sudah cukup pergulatan dengan si krusor, udah aja saya bilang makasih ke rahmanda buat konsultasinya, walaupun itu masih belum menunjukkan hasil yang signifikan. dan kita malah ganti topik.

sedikit lupa gimana ceritanya, mendadak ada aja perbincangan agak 'abnormal' antara saya sama rahmanda. mungkin bisa ditelaah sendiri alur ceritanya bisa sampai kayak gini gimana. hahahhaa

udah bukan sesi curhat lagi, mulai masuk materi baru tapi entah kenapa ada aja yaa ini obrolannya -__-" ambigu

dan setelah ke-abnormal-an topik pembicaraan itu, mendadak rahmanda buka lapak baru (lagi) dan sekarang udah lumayan naik level, udah lebih normal, tapi awalnya masih juga ngga ngerti maksudnya apa. dan setelah agak paham arah pembicaraannya ternyata kita lagi masuk ke topik pengkritisasian mengenai bahasa sms yang mungkin rada nyleneh kesannya 'alay'.

topik selanjutnya : lebih berbobot-mengkritisi bahasa sms yg mungkin rada 'alay'

hasil kritisasi by rahmanda

hahahha dan di ujung acara setelah puas mengkritisi soal alay, saya langsung niat buat ngepost percakapan dua insan manusia yang dirasa rada abnormal ini. yang tadinya melow total gara-gara saya yang gegalauan engga dikedipin sama itu krusor #eh, sampai percakapan yang rada ada bobotnya ini. heheheee

the end of the story

ehem, sedikit quotes yang diambil dari lapak mukabuku seorang kakak kelas waktu jaman putih abu-abu dulu yang mengkritisi soal ke-alay-an yang acapkali terjadi di negeri ini.

.: Every generation has their own 'alay', in different form and style, indeed! Don't worry :) :.
-yosea kurnianto.2012 dalam status muka bukunya-