Minggu, 30 September 2012

1 oktober 2012

"tetap terus menggenggam tanganku dan tidak beralih dengan pijakan yang lain. sebab sampai sekarang pijakanku masih kamu. tetap terus untuk ada dengan bahu dan tangan terbuka juga mata yang sarat akan makna, sebab sandaranku sampai sekarangpu masih kamu, bahu yang ku butuhkan juga masih milikmu dan mata yang aku tuju masih tetap padamu."
-kepada kamu-

EDU 2012

alhamdulillah tambah lagi di list pengalaman jadi bagian acara super di kampus sendiri. pengalaman bertemu dengan orang-orang super lagi dalam satu event yang berbeda.
terimakasih untuk kepercayaannya, mungkin nanti saya mau cerita panjang lebar, setidaknya saya sudah menaruh ingatan-ingatan dan coretan kisah saya hari ini.
"mari terus berkarya, mencipta karsa, hidup wirausahawan muda."
-pristi sukmasetya.master of ceremony.EDU 2012.direktorat IPB-lantai6-
tunggu ya cerita saya versi lengkapnya. 

Jumat, 28 September 2012

di-phpin

di php-in sama listrik kampus

nge-log

mendadak kesentil sama pelajaran rangkaian digital yang sejak kali pertamanya nge-jelasin soal verilogger.
umpannya 1, sistem gombalisme sudah merajalela dan menyingkap di balik teorama yang semakin hari bermunculan bahkan susunannya sudah melebihi dari 8 aksioma yang sempat terpelajari di aljabar linear kemarin.
"kamu sudah cukup berhasil untuk melaksanakan satu tugas mulia. nge-log hati saya.. #eh #gombalangalau."
--pristi sukmasetya.sedang terjerat sastra galau semena-mena--

kesel+akhiran 'ek'

-lagi main tebak-tebakan-

gisha : "kesel, kesel apa yang bikin seneng?"
uci-pris-rachma : "apaaa?"
gisha : "KESEL-ek CINTAMU, HAHAHAHAHAAA..."
uci-pris-rachma : tetooot.. -_______-"

wisuda dan saya ingin sebuket bunga

"saya suka bunga dan saya menyukai dia yang selalu bisa membuat saya berbunga-bunga"
.pristi sukmasetya.mahasiswi ilmu komputer-IPB.semester 3.
haii, hari ini di kampus saya sedang berlangsung yang namanya wisuda. dan properti yang ngga bisa jauh-jauh dari wisuda itu selain toga dan seperangkat jubah kemenangan atas studinya adalah sebuket bunga.

***
singkat cerita, pagiku diilhami dengan segudang inspirasi dan berusaha untuk selalu tersenyum dengan harapan bisa mendapat apa yang tersebar di pojok-pojok kampus mulai tadi.

26 september 2012
RK B1-C1 bawah toyib
kelas Kalkulus Lanjut

obrolan singkat dengan beberapa keluarga ilmu komputer lebih spesifiknya cewek-cewek yang kebetulan jomblo dan yang sekarang lagi in itu topiknya "sebuket bunga untuk kami para jomblowati kece imut dan mempesona" *sengaja di kasih line biar agak gimana gitu-takut pada gimana-gimana hahahaha* :3

dan mereka itu @gishatiara @nadiiarahmah @dhimitajp @uciikucing @hermarachma @hildaaurora dan saya sendiri @pristysukmaa perempuan-perempuan penghuni ilmu komputer 48 yang ada beberapa diantaranya sudah tidak jomblo tapi kebanyakan masih menyatakan dirinya sebagai single fighter. hahaha :3 *semacam belum menyerah mencari pelabuhan yang paling pas untuk menepi #eh*

jadi intinya kami lagi ngebahas bunga yang banyak sliwar-sliwer tiap kali acara wisudaan di IPB, dan mendadak kami semua juga pengen dikasih bunga gitu ya sama siapa aja yang mau kasih bunga gitu secara cuma-cumanya kepada kami semua semenjak salah seorang teman kami @gitachi membawa sekuntum mawar pink *lalu backsoundnya lagu dangdut: sekuntum mawar meraaah.. aaaa.. aaaah*

dan sontak salah seorang diantara kami nyeletuk-jleb,
"aaaah, mau dong dikasih bunga dan di bunga-bungain."
.Lusi Maulina Erman-@uciikucing- mahasiswi semseter 3-asli jambi-masih jomblo.
dan saya cuma bisa ekspresi cengo sambil ketawa-ketawa dalam hati, aaaaaaah uciiii mauuu mauu mauuu bangeeeet~.. wiwiwiwiiwiwiw~~~~ *sambil yang ekspresi rada gimana gitu*

tu kan yaa, envy sama yang dikasih bung. fyufyuuu
dan pembicaraan beralih ke topik selanjutnya yang dirasa makin nge-jleb lagi, dan ini datengnya dari sumber yang berbeda.

uci : "mba pris, jomblo itu nasib tapi single itu prinsip."
saya : *angguk-angguk kepala tanda setuju*
rachma : "STMJ ci."
uci : "STMJ apaan ma ?"
rachma : "SEMESTER TIGA MASIH JOMBLO."
saya+uci : "jleb.. daleeeeeeem...." #kemudianhening -______-"

dalam hati, itu jleb se-jlebnya ma, cukup, okesip sip sip jangan berlanjut. *lalu merefleksi diri*. kemudian beralih, seusai kejadian single ngenes itu kami lalu beralih ke topik selanjutnya, materi kalkulus lanjut sudah sampai manatau, dan ternyata bahasannya sekarang soal pembuktian fungsi dan limit yang konvergen atau divergen.
konvergen = terpusat
dan lanjut bikin hastag baru,
sama kali ya kayak perhatian aku ke kamu, konvergen~ #eaa #kemudiangalau
-pristi sukmasetya.19tahun.sedang berbahagia-
 dan lalu malah ada lagi,
himpunan kekonvergenan = kumpulan terpusat
dan masih tetep bisa ya buat jadi bahan hastag baru (lagi), 
"uuh, berarti sama dong, himpunan kekonvergenan dari cinta aku ke kamu udah 100% nancep dihatiku. #eaaa #gagalgombal"
-nama disamarkan karena merasa gombalannya gagal-

***
banyak kejadian seru lainnya, tapi cukup ya.
hari ini dicukupkan sampai disini dulu dengan gombalan-gombalan seru lainnya, fyi seneng kok bisa ketawa-ketawa bareng sama mereka dan nemuin gombalan-gombalan lucu.

ehm jadi kepikiran buat gombalin kamu deh ya.. #ups
see you
i love you :)

Selasa, 25 September 2012

my new family :)

--sebuah pesan ucapan selamat datang kepada keluarga baru Ilkomerz 49 yang semangatnya mampu menghimpun setiap pilar yang ada di koridor tanah semalam tadi. kepada belahan jiwa 48 yang semakin padu merangkul jemari-jemari yang kian merekah. kepadanya.. sabda terimakasih bergaung pada malam ini--


keluarga :)

saya jadi semakin kangen dengan Bapak, Ibuk, Mas Sendi dan Mbak Infra. meskipun baru tadi sore ditengah serunya praktikum algoritma dan pemrograman hp bergetar dan 1 pesan masuk.
"Dek, mas udah di Bogor. cape e."
-mas sendi-
mas sendi akhirnya pulang dari kota seberang. walaupun sekarang sudah di tanah Bogor yang sama dan masih bisa dijangkau masih terasa kangennya setelah sekian hari tidak mengadakan pertemuan.

semakin kangen dengan Bapak dan Ibuk, yang walaupun ditiap paginya saya selalu mengusahakan untuk tidak pernah absen menelfon, mengabarkan kalau saya sudah siap dan mau berangkat kuliah, atau masih dalam posisi tertidur belum apa-apa.

semakin kangen juga dengan Mbak infra, yang akhir-akhir ini selalu kebanjiran job untuk menjadi pembicara di setiap event Universitasnya, dengan titelnya "Mahasiswa Berprestasi Universitas Diponegoro 2012" yang menginspirasi itu. dan tengah menggalakan program motivasi #meraihmimpi.

semakin kangen memang, namun Alhamdulillah Allah memperkenalkan saya dengan mereka semua, yang gaungnya dulu adalah teman dan sekarang sabdanya sudah berubah menjadi "keluarga". meski bukan dari 1 darah yang sama dan berkesinambungan, tapi dengan adanya mereka saya merasakan sebuah kehangatan.

***
Kortan-14 September 2012
Perihal : Gathering Perdana Ilmu Komputer-49

malam ini jadwal gathering perdana untuk ilkomerz 49, ilkomerz sendiri adalah panggilang khusus keluarga ilmu komputer-IPB, sekarang keluarganya tambah lagi. sebenarnya hari ini saya masih gegalauan antara yang bisa hadir di gathering ilkomerz 49 atau engga, dikarenakan ada amanah lain yang belum bisa ditinggalkan dan mengharuskan saya ada disana. namun alhamdulillah, Allah berkehendak lain, acara saya selesai dan langsung cus ke kortan.

ternyata disana sudah ramai, saya masuk tepat ketika Bang Ocit -kakak angkatan 47- menyampaikan seluk beluk rangkaian acara IT Today 2012. fyi, IT Today adalah serangkaian acara super dari Ilmu Komputer-IPB yang menggaungi beberapa kegiatan dan itu spektakuler :)

setelah selesai sesi Bang Ocit, ternyata dari pihak acara -dalam hal ini gabungan 48&47- saya diminta bersama rekan saya solichin -biasa dipanggil licin- untuk memandu games. okesip saya akui, acara games saya ini bisa dibilang kurang berhasil -___-". soalnya yang semestinya bisa kenalan dan seru itu rada gimana gitu. dan well, kita ganti permainan perkenalan. at least, semuanya sudah saling mengenal.

saya sudah mulai menikmati alur pembicaraan dari gathering ini. masih ada waktu untuk memberikan asupan semangat dan motivasi. *maaf ya tadi pris kebanyakan ngomong ngalor ngidul :(* namun,  entah tersihir bagaimananya saya tadi memang terlihat begitu menggebu untuk memberikan asupan energi positif kepada keluarga baru saya ilkomerz-49.sebab jujur saja,  wajah-wajah mereka masih sangat polos, masih banyak yang harus mereka kejar dalam waktu mereka yang masih terlampau lama ini. dan tentunya diawali dengan penanaman dan doktrin pada diri bahwa ilmu komputer itu satu dan ilkomerz itu keluarga.

"waaah.. mba.pris jadi motivator aja."
-salah seorang keluarga.tio.ilkom48-

setelah selesai sesi motivasi dari calon motivator yang masih cukup cupu ini.amin dilanjutkan dengan ngobral-obrol seputar TPB-Ilkom dan masih banyak lagi. ada satu part dimana saya cukup merasa bahwa sense belonging dari angkatan 49 untuk ilkomerz itu sudah mulai tumbuh adalah, ketika tanpa perlu ribet dan basa-basi lagi saat memilih pj angkatan untuk input jarkoman yang menghasilkan output informasi yang merata dan semuanya bisa tau tanpa ada satupun yang misskomunikasi. *halah bahasanya* -___-"
"oke, sekarang. kalian sudah merasakan bahwa kalian itu keluarga, sekarang ini saya minta saja tanpa perlu menunjuk atau bagaimanapun itu, silahkan bagi teman-teman yang ingin memulai ladang amalnya sebagai pj angkatan/pj jarkom untuk keluarga kalian sendiri silahkan untuk maju kedepan."
-saya.pristi sukmasetya.19tahun.semseter3.ilkom48-
deg-degan loh bilang sebegitu, takutnya udah bilang keras-keras+menggebu tapi engga digubris. kan cengo kan yaa.. haissshhh.. tapi alhamdulillah, alhamdulillah ilmu khusnudzon terbukti ampuh. tanpa tedeng aling-aling ada seorang anak perawakannya cukup besar berkacamata dan rambutnya sedikit ikal maju kedepan dan menyatakan kesediaannya untuk menjadi pj angkatan. karena tidak mungkin sendirian saya meminta lagi kepada mereka yang bersedia untuk membantu salah satu keluarganya.dan ternyata setelah saya memberikan sedikit "bumbu" akhirnya, mulai banyak anak yang maju kedepan dan mau membantu. jujur ya, spektakuler antusiasme dari ilkomerz 49, secara pribadi bener-bener jempol buat mereka semua :)

sekali lagi maaf untuk terlalu banyak bicara/ mungkin ada perkataan yang melewati batas norma. sesungguhnya berlaku demikian karena merasa kalian adalah bagian dari keluarga.

"selebihnya adalah sebuah kata yang terlontar dari mulut seorang yang diberi kesempatan untuk bisa lebih dulu merasakan menjadi seperti kalian seperti saat ini di tahun lalu, yang seyogyanya masih merasa berat dan rindu akan belai kasih ayah dan ibu di rumah sana. bahkan santap siang atau malam untuk beberapa waktu terasa hambar karena bukan bersama dengan mereka. namun beginilah hidup adikku, akan ada satu fase dimana sering disebut dengan fase titik balik dari setiap individu.

bergeraklah, sebab gerakanmu akan menguntai replika indah untuk dirimu kelak. dan teruslah bercahaya dengan segala pijaran dari sumber sinar yang kalian miliki. jangan biarkan redup langkah-langkah kalian, sebab hidup tidak pernah mengajarkan kepada kalian untuk menjadi lemah sebelum kalian merasakan pahit getir yang sebenarnya.

sebab hidup selalu memiliki alasan cukup kuat ketika kalian jatuh dan kekuatan besar untuk bisa kalian bangkit. sebab kalian memiliki Allah, Dzat Agung seantero jagad raya ini. percayalah, bahwa mimpi akan membawa kalian menuju jalan kembali yang lebih baik lagi."
selamat bergabung adik-adikku ilkomerz 49 :)
saling bersinergi yaa..

dari seseorang yang sudah menyayangi kalian semenjak malam-malam itu.

peduli dan sederhana

sepintas kamu bercerita soal kata peduli, lalu bagian otak yang menyimpan data terdahulu menghujamku dengan ribuan kisah seru. salah satunya kisah tentang kamu yang rambutnya ikal dan selalu dikuncir kuda, yang terbilang lincah dengan gaya chikita meidy atau lenggak lenggok bak maissy, aaaah masih ingat juga lagu "cilukba" yang selalu kamu dendangkan dengan fasihnya.

lalu kamu yang pertama memberitahuku wujud aktif dari kata peduli tadi. ya, setidaknya dari situ aku mulai paham, peduli itu adalah ketika kamu mengulurkan tangan dan membantuku naik dari jebakan selokan sore lalu sembari tersenyum,

"pegang tanganku dan naiklah perlahan. hati-hati, jangan sampai kamu jatuh lagi."
-kamu kepada aku.sore 15 tahun silam-

peduli itu sederhana ya?

pesan sembilu

--untuk kamu yang sudah 180derajat terasa bedanya, dibandingkan dengan kamu di awal perjumpaan--

setidaknya aku banyak belajar tentang apa yang dinamakan "ketulusan dan kekeluargaan" dari sosok kamu. kamu yang setiap kali ditelfon selalu menjawab dengan kuluman kata yang begitu aku mendengarnya itu adalah sebuah kelegaan. kamu yang setiap kali ku jadikan tumpuan juga ternyata cukup mampu bisa jadi sandaran. terlebih kamu yang dengan sabarnya memberikan asupan positif disela-sela intuisiku banyak bercampuran dengan energi negatif. dan kamu pulalah yang dengan sabarnya menemaniku menjelajahi lampu kota tempo hari.

"Terimakasih, aku melihat kombinasi keduanya dan merasakan apa yang ku bilang sebelumnya. Semoga Allah senantiasa menyayangi dan melindungimu, selalu."

dari seseorang yang pernah meminjam kedua telingamu untuk sekedar berbagi asa dan rasa.

Senin, 24 September 2012

matematika diskret -___-"

matematika diskret
rkx 203
15.00-17.30

"Selamat Hari Tani, semoga Pertanian Indonesia samanya ya dengan status negaranya yang sudah merdeka. ya, bisa semakin dimerdekakan."
-kepada Indonesia yang hari ini merayakan 'hari tani' nya-

Apakabar Pertanian Indonesia?
awam ya sepertinya untuk seorang saya yang padahal tiap harinya mengenakan jubah biru dengan simbol pertanian di bagian saku sebelah kanan malah sekarang tiap hari pun acapkali mempertanyakan bagaimana kabarmu. semacam ambigu ya? seharusnya saya yang menyelami seluk beluk ilmu tentangmu lewat mayor ilmu yang mungkin sedikit menyeberang tak perlu lagi menanyakan keadaanmu. tapi nyatanya? pertanyaan akan perkembanganmu dari hari ke hari kian menjejali setiap akson bilik otakku.

aaaaah, lalu bagaimana kabar petani negeri? masih sibuk mengurusi harga cabai yang tempo hari sempat melejit? atau yang sempat kehilangan produksi kedelainya? atau bahkan sudah mulai menggalakan program diversifikasi?

bagaimanapun selalu berharap bahwa kamu -pertanian- baikbaik saja.

***
--kemudian berganti topik--

iya, jadi hari ini cuma 2 mata kuliah saja, sepagi tadi alpro (re: algoritma dan pemrograman) dan setelahnya matdis (re: matematika diskret), banyak hal seru terjadi di sela-sela kuliah matdis kali ini. mulai dari kesadaran diri sendiri perihal hari tani dan lalu perbincangan seru soal materi yang tengah disampaikan. simpelnya, saya baru ngeh kalau hari ini bertepatan dengan hari tani dan bapak dosen menerangkan materinya super menyenangkan *entah bagian ini saya seperti kehilangan kesadaran*

buku catatan alpro  saya jadi saksi dimana kelihaian saya dalam menulis dan merangkai kata tengah diuji.

***
babak-1
kali ini matdis bahasannya tentang "proses untuk mencapai sebuah nilai" bukan tentang "menghafal nilai", jadi inti sebenarnya kalau belajar matematika itu jangan terus hafalan kalau 2 + 2= 4 tetapi harus paham bagaimana algoritmenya, -___-" dan lalu diterangkan perihal notasi-notasi yang ada dalam matematika, dan artinya, tentang semua-ada-tidak sama sekali-bukan sebagian lalallalalaaa *oke, cukup yaaa*

dan ini mulai ngebahas sama si @gishatiara,
gisha : "pris..pris.. kalau tadi kan gini kan ya pris?" *sambil nyodorin buku dan ada lambang huruf E kebalik trus dicoret yang artinya -tidak ada- dalam bahasa matematika*
saya : "hahah iyaa gish.." *angguk-anggukin kepala*
gisha : "kalau yg ini pris?" *kali ini gisha nyodorin buku lagi dan ada lambang cinta dicoret,  tanda < kemudian disambung dengan / lalu ditutup dengan angka 3*
sempat terdiam, lalu kemudian...
saya : -______-" gishaaaa... *muka cengo*


***
babak-2
setelah cukup lama penjelasan kali ini bahasan menyinggung sedikit soal "identitas", 

dosen : "nah, sekarang Anda tau apa itu Identitas?"
anak-anak : *gumaman* "matriks identitas pak, invers.. invers.."
dosen : "sekarang pertanyaannya diperinci lagi, identitas itu matriks invers dsb memang benar tetapi anda harus bisa memaknai apa itu identitas. sekarang apa itu makna dari identitas?"
saya : "jati diri." *ekspresi datar-suara lumayan keras*

#kemudianhening -____-" dan tau banget rachma-resmi yang duduknya berderet sama saya langsung nengok ke arah saya dan lalu ketawa -_-" *merasa diselubungi*

***
babak-3
sengaja nulis di catetan alpro halaman belakang sendiri dan kemudian pasang hastag #matdis
#matdis itu semacam belajar sesuatu yang engga kontinu (putus-putus) yang samanya ya kayak aku sekarang. #eh #malah curhat -____-"
***
babak-4
quotes nge-jleb yang mendadak muncul diperkuliahan matematika diskret kali ini,
"Komposisi Fungsi itu sangat penting nantinya di Ilkom, jadi kalian harus bisa memaknainya."
-Bapak Dosen-
dan lalu ditanggapi,
"Komposisi cinta lebih penting dihatiku."
-Agisha Mutiara Yoga Asmarani Suci. masih jomblo-

***
but for all, thx God for always makin' me smile although inside myheart cryin' and it's hurt.
I Love You :)

#kepadagisha

selamat pagi, kuliah saya pagi ini dimulai pukul 10.00 yaa kalau begini masih ada sekitar 2 jam lah waktu free saya untuk bisa posting lagi. edisi kali ini spesial untuk salah seorang keluarga saya core I-48 *btw ini sebutan nama angkatan Ilmu Komputer 48*. namanya  @gishatiara 

kenapa spesial? soalnya khusus untuk keluarga saya yang satu ini tengah dirundung genderam yang masih belum terdefinisi secara jelas dalam hatinya, yaa singkatnya semacam dilematis masa muda lah ya.. hahahah :3

jadi singkat ceritanya si gisha lagi kebingungan cari tau sebenernya kemana 'bintang'nya tengah berada. emmmmhh.. semoga kalau misalkan si "bintang" mampir di lapak saya ini bisa langsung ngeh yaa kata hatinya. hehe

***

#kepadagisha
 
 







sebenernya masih banyak lagi, tapi berhubung kemarin udah mepet waktu kuliah engga dilanjutin. but well, tunggu edisi #kepadagisha selanjutnya yaa.. :)
untuk gisha, 
semangat sayang, biarkan Sang Maha Pembolak-Balik Hati yang menuntun kemana arah si bintang kembali pulang..

Minggu, 23 September 2012

kamu

Aku masih mengeja kamu, bahkan ketika kamu memutuskan untuk menutup buku sebelum aku memberi tahu tentang bagaimana hatiku.
selamat jalan, cinta kan membawamu kembali disini.
-kepada kamu yang sepertinya sudah ditelan waktu-

Sabtu, 22 September 2012

kepada Ibuk :)

--backsound: Bunda-Melly Goeslow--

Selamat siang buk, ini siang kedua setelah siang kemarin hari adek sedikit kelabu. hiks, lebay mungkin ya buk, dibilang kelabu agaknya masih terlalu picik. namun begitulah, sudah 2 siang dilewati dengan terkapar di kamar tepatnya di kasur yang empuknya masih kalah empuk dengan milik ibuk di Temanggung sana.

malam yang lalu adek sulit terpejam buk, resah, mau tidur namun juga gundah. mungkin pertanda kangen akan sosokmu sudah memuncak. lalu kemudian panas mengerogoti badanku, imunku melemah dan upaya menahan apa yang ada dalam perut serasa percuma. muntah buk, yaa.. adek muntah.

dan setelahnya mendengar suaramu melalui telepon genggamku adalah salah satu cara untuk mengembalikan energiku. menangis buk, adek menangis. cucurannya agak deras memang, dan sepertinya tangisan adek kali ini adalah kombinasi dari 2 keadaan. yang pertama kangen ibuk dan yang kedua karena adek sakit.

ibuk, maaf untuk membuat ibuk khawatir :")

kondisi adek sekarang masih naik-turun buk. setelah malam kemarin panas datang menyergap lalu pagi tadi sempat mereda dan sekarang kembali datang lagi. aaaaaaah~ rasanya ingin ibuk disini.

lekas sembuh ya, pris. ibuk mengkhawatirkanmu..
-saya kepada diri sendiri-

ibuk, maaf untuk membuat ibuk khawatir :'')

Jumat, 21 September 2012

lemah

akhirnya terkapar di kasur empuk kostan dan sejenak melupakan letih yang tiap malam menyergapi dinding-dinding pertahanan dalam imun bodiku. 

akhirnya berada di ujung batas kekuatan dalam diri, lalu menyerah seolah kalah menyerang ambisi dalam diri. 

aku berubah jadi lemah,
seolah semua input yang aku masukkan sepagi tadi dengan gampangnya ku keluarkan tanpa arti


aku berubah jadi letih,
seperti mengejarmu yang pupus dan tidak pernah kembali


aku berhenti,
dan seolah nadi ikut mengunci.

aku lelah, aku letih, tapi aku masih punya..


hati.

Rabu, 19 September 2012

Titip Senja

Aku pamit sore ini, waktuku sudah habis. aku titip senja ya, anggap saja dia yang nanti datang adalah sapaan hangat dan pelukan mesra dariku yang kini sudah melangkah jauh dan terpaut ribuan kilo dari langkahmu menuju. 

aku titip senja ya, yang bersamanya ada semburat rindu sembilu yang tak sempat terungkap dalam batasan ruang ataupun waktu, yang ketika bersamamu adalah rumpun tawa tanpa lara dan yang seketika terpisah adalah sebuah duka nestapa yang teriring do'a, semoga kamu baik-baik saja.

aku titip senja ya, yang dengannya aku bagikan relung dalam palung hati dengan segenap jiwaku untuk kamu disana.

-kepada kamu yang kita bersama bercerita soal senja tempo lalu-

Senin, 17 September 2012

bimbang

lalu aku bimbang dalam malam yang menyelimuti dan hendak berganti jubah dengan pagi hari ini. seringai kamu mengisi aku masih tetap bimbang. dalam satu fase yang begitu ku jabarkan pun aku tak segera mendapatkan umpan baliknya. aku masih bimbang dan terdiam dalam malam. masih berupaya menggugurkan tatap pedang yang menghiasi dinding kelam. aku masih bimbang dan aku terdiam.
-kepada kamu. bimbang-

Sabtu, 08 September 2012

keluarga banjarnegara

Keluarga Banjarnegara :)
bersama dengan Om Ebiet dan Pak Rektor IPB


story : nemuin foto difolder, jadi inget pengalaman mc pertama kali bareng sama keluarga Banjarnegara. dan ternyata bisa foto+nyanyi bareng sama om Ebiet G.Ad dan tentunya Bapak Rektor IPB, seneng bisa seharian bareng keluarga Banjarnegara.

Jumat, 07 September 2012

kata embak

----kepada embak yang setiap nafas petuahnya adalah asupan pembaharuan untuk motivasi hidupku kedepan. yang setiap frase kalimatnya bisa menyalurkan energi positif. terimakasih, sebab aku memilikimu.---

alhamdulillah, 3 fase kemarin benar-benar bisa menjadi batu loncatan untuk bisa terus survive dan melangkah kedepannya, bisa terus mengembangkan apa yang dirasa memang perlu dikembangkan dan sebagaimana mestinya tanpa harus melemahkan salah satu aspek kewajiban yang ada.

alhamdulillah, bisa dipercayai untuk menghandle beberapa acara besar setiap hari sabtu-minggunya secara berturut-turut 2 pekan kedepan dan semoga bisa berlanjut, hehe. amiin . alhamdulillah, semakin percaya bahwa Allah senantiasa akan membukakan pintu-pintu rahmatNya sekalipun itu melalui lajur yang berbeda dan tidak disangka-sangka.
"Semangat ya crit, this is ur way, just enjoy every step that u do. Don't expect anything beside u do, it bcz u love to do it, then u get it all."
-embak.dalam pesan singkatnya untuk saya-
iyaa mbak, bahkan adek sama sekali tidak pernah menyangka, Allah membukakan pintu dari arah yang semula dirasa berlawanan namun ternyata alur itu sebenarnya saling bersandingan-bersamaan-beriringan. alhamdulillah mbak, adek melakukannya bukan dengan tendensi yang berlebihan, seperti yang embak bilang, hanya ingin menggali lebih dalam semata-mata untuk tidak menyia-nyiakan apa yang telah Allah sediakan.
"Iya dek, everything that u do by ur pure heart, by ur pure pleasur, it ll impact for the result too. just believe that u'r still on process, then u can make progress."
-embak-
sekali lagi adek membenarkan sabda darimu mbak, memang demikian yaa.
"lakukan apa yang ketika kamu lakukan, kamu bisa merasa memilikinya."
-quotes-
setiap orang mempunyai jalan hidupnya masing-masing, terlalu picik jika masih saja sering mencari pembanding dengan yang lain. lebih kepada seharusnya mencari tolak ukur agar kita bisa termotivasi, bukan mencari celah untuk mencaci.

Allah Maha Adil
Allah Maha Pemberi Rezeki

dan

Kebahagiaan tidak akan pernah tertukar :)

-salam semangat dari seseorang yang tengah merenda hari sedemikian rupa-

Kamis, 06 September 2012

coding is beautiful

--ruang baca ilmu komputer, --pertama kalinya masuk--. lantai 3 pojok mipa. dengan gerombolan anak ilkom yang sekarang sudah mendeklarasikan diri sebagai keluarga--

selamat siang, senang ya rasanya kalau kuliah bermula diangka 7 dan berakhir diarahan jarum jam 8.40. agaknya mengutip dari quotes salah satu keluarga.
"coding is beautiful"
-whina.salah seorang keluarga di ilkom 48-
memang benar adanya, Alhamdulillah pertama kali masuk semester 3 yang notabene 'pelajaran dewa' itu ternyata tidak selamanya memberi presepsi pertama yang 'killer-nakutin-bikin degdegan-dsb', maka itu bersyukur sekali do'a pertama masuk departmen dihijabah oleh Allah :)
"YaaRabb, kalau memang seperti pengalaman yang ada perjalananku diawal membutuhkan sebuah perjuangan, berilah hamba kemudahan. munculkanlah rasa suka hamba terhadap apa yang nantinya akan diberikan, sebab hanya dengan kehendakMu lah hamba bisa menyukai sesuatu dan menjadikan sesuatu itu ringan. aminn."
-saya.awal masuk semester 3.sedang mencapai proses menjadi keren-
dan kali ini bersama dengan 'keluarga' dan untuk pertama kalinya, masuk ke ruang baca ilkom dan kita belajar coding bersama.hahahhaa...

kurang jelas kan ya tulisannya apa? hahaha -____-"


PRISTI SUKMASETYA CANTIK IMUT SEKALI. HAHAHHAHAHAH~

silahkan tertawa, tapi cukup menyenangkan merangkai sepekan rima dengan segelintir pencitraan yang ada dengan ilmu coding yang bisa dibilang masih 'cupu' hahah tapi senenglah yaa namanya bisa muncul begituan di layar laptop milik sendiri :D

okesip, kelak bakalan jadi keren, dan ciptain software yang bisa bermanfaat buat orang banyak.

ini ikrar untuk kuliah algoritme dan pemrograman
mari belajar coding
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN, BISA!!!  
*berasa anak TPB (lagi) -oke waktu dulu saya cupu*
selamat siang, mari belajar algor lagi :)

Rabu, 05 September 2012

cerita dari "srinthil" di ranah jawa

"kalian paham tidak?,  kalian kuliah di kampus rakyat, pro terhadap pertanian, tapi apakah kalian lihat? bagaimana pertanian di negara kita sendiri?"
-kelas dasar-dasar komunikasi.-
sore tadi saya berhasil menyelesaikan kuliah perdana saya di kelas dasar-dasar komunikasi, meskipun basic saya adalah ilmu komputer tetapi saya memang sengaja untuk masuk ke kelas daskom (re: singkatan dasar-dasar komunikasi). jujur saja, pengantar yang diberikan oleh Ibu Dosen sebelum masuk ke materi daskom benar-benar membuat saya "jleb". lalu lantas pikiran saya mengawang-awang pada satu lingkar kabupaten yang sekarang saya tinggalkan untuk mencari bekal ilmu mendalam. yaa.. disana, ada sumber kehidupan yang semestinya diangkat dan bisa digarap lebih apik lagi, namun seringkali tidak terjamah dalam pemikiran petinggi-petinggi.

***

--libur lebaran dan saya dapati kabupaten saya semerbak hijaunya, hamparan hijau dari segarnya tembakau muncul di kanan-kiri di sepanjang jalan menuju rumah. berharap hujan datang di lain hari, demi "srinthil"ku agar datang lagi--

Temanggung-berawan-14 Agustus 2012
ini adalah hari pertamaku menginjakkan kaki di ranah kelahiran semenjak beberapa bulan yang lalu tertahan di barat jawa sana, yang cuma bisa mendengarkan cerita mengenai kabupatenku dari linimasa milik seorang kawan, yang sekolahnya tak jauh dari rumah. yang hanya bisa menafsirkan dengan awang-awang seperti apa kabupatenku kini, dan yang hanya mampu bersabda,
"semoga baik-baik saja."
-saya-
Kabupatenku berawan lagi, agaknya kedatangan hujan sudah bisa diprediksi, ranah kelahiranku ini Temanggung, letaknya ada di kaki gunung sumbing dan sindoro. berbicara soal jarak, jaraknya mencapai 156km dari kota perantauanku Bogor, bisa dibilang jauh bisa dirasa dekat, jarak tempuh semalaman ku habiskan untuk menyusuri jalan menuju peraduanku.
"Oh, Temanggung sedang musim tembakau."
-kata saya.dalam hati-
agaknya memang benar demikian, terhitung bulan Juli-Agustus-September dirasa menjadi puncak keberkahan bagi petani tembakau yang ada di Temanggung, mengapa demikian? karena matahari akan terus bersinar dan hujan masih tersamarkan, sehingga dari proses awal penanaman sampai sekarang penuaian hasil tidak terkendala, bahkan bisa diharapakan bisa melahirkan 'srinthil-srinthil' dalam ukuran yang besar dan tentunya bisa menjadikan kesuksesan tersendiri dalam panen raya tembakau nanti.
"tembakau srinthil mulai keluar sepekan terakhir ini yang ditandai baunya harum, warna coklat kehitam-hitaman dan pegangannya  lengket karena kandungan nikotin tinggi. Diakuii srinthil yang keluar pertama ini masih kualitas awal  sehingga harga jualnyapun belum mahal Rp.160.000/kg. Srinthil kualitas puncak yakni baunya lebih harum, warna lebih hitam dan pegangannya bertambah lengket biasanya dihasilkan petikan daun terakhir atau dikenal dengan sebutan  protholan . Berdasarkan pengalaman tahun 2009, srinthil kualitas puncak harga jualnya mencapai Rp.600.000/kg. Diakui tembakau srinthil tidak setiap musim keluar, jika cuaca  baik  yakni panas matahari cukup berpotensi menghasilkan srinthil itupun  dilahan tertentu  saja. "

petani dan tembakau

perlu diketahui pula bahwa tidak hanya 'srinthil' yang sudah mendunia tetapi secara keseluruhan, Tembakau Temanggung merupakan tembakau terbaik di Indonesia karena itu banyak perusahaan rokok yang membuat gudang-gudang tembakau di Temanggung. Tidak hanya perusahaan-perusahaan rokok nasional saja yang berinvestasi disana, ternyata adapula perusahaan-perusahaan rokok dunia membuka bisnis rokok di Temanggung.

namun dilain pihak, keberadaan tembakau di Indonesia semakin dipertanyakan, boleh atau tidak? halal atau haram? muncul berbagai macam RUU dan masalah pro-kontranya.semacam demo aksi dari para petani mengenai kebijakan yang dikeluarkan oleh para petinggi sudah dilaksanakan namun samanya, masih belum ada hasil konkret yang pasti tentang bagaimana sebenarnya kelangsungan hidup si tembakau dengan petaninya kedepan. agaknya masih perlu banyak pertimbangan-strategi dan pemikiran.

kalau juga bisa ditelisik dari segi bagaimana keberlangsungan hidup petani yang bergantung dengan tembakau, agaknya sulit untuk ditiadakan keberadaan dari tanaman tembakau itu sendiri. namun apabila nyatanya dari segi fungsional dan lain sebagainya, pemikiran setiap kepala akan berbeda lagi. yin dan yan, sepadan dengan hitam dan putih memang.

aah bagaimanapun, aku suka suasana gayub rukun petani kala masa 'srinthil' datang lagi :)

gayup rukun para petani ketika panen raya tiba

mesin penenun hujan

kelak akan ada hujan di kota ini yang saya renda atau mungkin bisa saya tenun dengan jemari-jemari kecil milik saya sendiri. dan tentunya dengan besarnya campur tangan Ilahi. :)
pasti bisa kan YaaRabb?

lalu hati tenang-terdiam..

Sungguh bagi Allah itu tiada yang tidak mungkin

passion

dalam sebuah kesempatan kotak kecil saya bergetar hebat, ternyata ada 10 sms yang belum sempat terbaca, 1 diantaranya dari seorang kawan, isinya simpel. sebuah ajakan.

dia : "pris, ikut nyanyi yuuk."

ada gejolak dalam hati ingin mengiyakan, tapi sepersekian persen bahkan dinilai lebih dari setengahnya bilang jangan. sampai pada keputusan hati.

saya : "terimakasih ajakannya, tapi maaf kayaknya engga ikut, merasa bukan passionnya disana."

selang beberapa kemudian, ada sms balasan lagi darinya.

dia : "tapi pris, ragu.. huhuhu."
saya : "jangan ragu, kalau memang itu passion kamu, kejaaar :)"

so simple, rite?
sebenarnya masih pengen ngobrol banyak sama dia soal 'passion' sayangnya 160karakter dan terbagi dalam beberapa layer dirasa kurang efektif. kalau saja dia nantinya berkunjung di lapak saya ini, semoga dia baca.

"bahkan pada awalnya saya sempat ragu meneriakkan itu passion saya atau bukan, tapi tolak ukurnya cukup jelas bisa dibaca oleh mata dan bisa dirasa oleh hati. kamu bahagia tidak melakukannya? apa kamu sepenuh hati dalam menjalankannya? ataukah kamu merasa kamu tidak lelah seketika kamu merelakan sebagian waktu kamu tersisih hanya untuk berkecimpung didalamnya?.

yaaa, jika memang yaa.. kejar.. kejar sampai kamu benar-benar bisa mendapatkannya. merasalah bahagia dengan apa yang bisa membahagiakan kamu. dan teruslah memberikan yang terbaik yang ada pada dirimu, kamu cukup bisa dan pasti bisa melakukannya dengan caramu yang sempurna. semangaat yaaa... Allah beserta denganmu yang selalu berusaha :)"
passion = sense of belonging, ada kaitannya kok
teoremanya berkata demikian,
beradalah kamu di tempat yang kamu merasa memilikinya, sesulit apapun itu akan terasa ringan karena kamu bahagia melakukannya.
 kepada dia yang semoga segera mendapatkan kemantapan hati :)

Selasa, 04 September 2012

sedang random

bersuka cita itu seperti membabat habis ilalang yang mengganggu tanaman yang lain~
agaknya masih terbilang kejam kalau pangkasannya membabi buta.
sudah yaa, diikhlasin aja pris :')
-sedang random-

MPF-MPD-MPKMB 49

--diawali dengan niat untuk berkarya di akhir gemerlap tahta gelar "anak TPB" dan berusaha menghentikan sikap 'ke-sipilan' yang sudah dijalani hampir selama menjadi anak cupu tingkat satu, dan yang selalu geregetan untuk mengambil sikap akan sesuatu yang terjadi. dan dengan semangat menggelora, mengikuti ajang spektakuler ini.--

bissmillahirohmanirohim,
alhamdulillahirobilalamin,

hahahha...
syukur alhamdulillah pokoknya, akhirnya 3 fase keramat++ ditambah lagi dengan 3 hari fantastis dan jauh lebih modis dari keramat++ berhasil dilewati (++ dibaca plusplus). subhanallah, bisa dibilang keenam hari yang rangkaiannya kontinu itu mampu ditanggulangi dengan posisi badan yang ngga begitu tinggi dan proposional ini dengan cukup baik, meskipun sempat tumbang di hari ke-4 dan pita suara mengalami sedikit pembaharuan. *suara semakin ngebass* -___-"

mau cerita gimana ya? hemmmh, jujur ya kalau misalkan retorika pengalaman ini luar biasa dan sulit diungkapkan dengan kata-kata.
"sebab kamu merasa bahagia, maka tanpa perlu banyak berkata, rasa sudah mengekspresikan segalanya."
-pristi.quotes-
***
MPF
jadi ceritanya dimulai dari fase Masa Perkenalan Fakultas pada tanggal 26 dan 27 Agustus 2012.
awalnya saya terbilang jarang aktif di MPF dan serangkaiannya, soalnya saya absen 2 kali dalam kegiatan pra-MPFnya dan baru hadir kembali di hari H MPFnya. dan saya cukup menikmati peran saya sebagai pj jarkoman untuk putri, dan entah darimana asalnya semendadak itu pula saya dipilih menjadi mastri (sebutan untuk ketua putri), padahal semulanya bukan saya. tak apalah cukup menyenangkan bergabung bersama mereka. K-17 keluarga John Hopcrot, Cluster P. yaa.. bersama merekalah saya mendapati suasana kekeluargaan yang notabene belum pernah saya rasakan sebelum saya mengikuti MPF sampai akhir kegiatannya.
"bersamamu kuhabiskan waktu, senang bisa mengenal dirimu."
-cuplikan lagu-
hari pertama dilanjut hari kedua, menyenangkan kesemuanya, banyak cerita yang berbeda di tiap fasenya. di FMIPA namanya G-Force 48 dan berbeda dengan fakultas yang lainnya *postingan selanjutnya akan saya kupas tuntas resume kegiatan MPF saya* hahaha.

tapi yang paling bikin maknyess itu pas mpf hari ketiga, disitu bener-bener kerasa kalau kita satu keluarga. jadi ada permainan sambung paralon gitu. paralonnya dibikin dari botol air mineral 600ml yang dibagi 2 terus disambung-sambungin jadi bentuk paralon panjang buat tempat aliran air. nah, nantinya air bakalan diisi dari yng paling ujung, dan muaranya nanti sampai ke ember. kalau berhasil sampai di ember, nanti akan ada spanduk besar yang kebuka. dan itu the top of the secretnya.

awalnya kami gagal, strategi yang tercipta masih kurang. tapi berkat kemauan dan integritas tinggi dan tentunya dedikasi yang cukup menggelora demi mempersatukan fmipa jaya, kami mengulangnya sekali lagi dan kali ini berhasil, spanduknya terbentang dengan gagahnya. lalu kami merayakan euforia yang terjadi seketika.
"FMIPA.. JAYA!!"
"MIPA!! MIPA SATU MIPA JAYA!!"
-jargon fmipa-
lebih lengkapnya nanti ya, saya janji akan menceritakannya, perihal acara yang spekta dan keluarga cemara baru saya. hehehe :D

***
-malam seusai Masa Perkenalan Fakultas saya harus menjalani gladi resik untuk kegiatan Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru / MPKMB 49, namun setelahnya saya harus kembali merenda pagi dengan kegiatan yang luar biasa--

MPD
suara saya sudah entah berantah, maksudnya adalah saya sudah cukup menyadari timbul tenggelamnya suara saya untuk kali ini. pukul 06.45 adalah waktu kesepakatan antara kami -keluarga ilkom 48- dengan kakak panitia -disini adalah keluarga ilkom 47-, dan untuk itulah saya terbangun tepat pukul 04.00 dini hari dan sudah mempersiapkan segala sesuatunya. okesip saya berangkat dan pukul 06.00 sudah sampai di tkp.

asa hati sudah menyiapkan segala tetek bengeknya tapi ternyata masih ada aja yang kurang, saya kurang membawa jas almamater saya dan ternyata saya juga lupa membawa kado untuk teman angkatan saya. very well then, saya memutuskan untuk pulang ke kostan, dan bersyukur saya tidak sendirian.

"that's what family are for.."
-kepada keluarga yg sudah mau mengantarkan saya kembali pulang ke kostan-

alhamdulillah, sungguh bahkan pertolongan Allah sangat dekat. yaa.. saya dipermudah untuk kembali ke kostan dan akhirnya kembali lagi kumpul ke tkp dan itu tidak terlambat walaupun itungannya kurang beberapa menit saja. fyuuuuh~

dan berlangsunglah satu hari untuk mengenal lebih jauh departemen saya nanti, mau tau lanjutan kisah seru di masa perkenalan departemen? tunggu postingan saya selanjutnya yaaa...

***
--lalu awan mengulum senja kembali ke peraduan, malam datang dan kembali berbintang. sinarannya cantik mampu menyihir bahkan sampai ke hati yang tak pernah berkutik. malamku kembali menyentuh palung kerongkonganku yang sedari tadi kering. aku harus kembali lagi mengeja kata untuk esok hari--

dengan sedikit musikalisasi saya menutup hari dimana saya mengenal ruang gerak saya di ilmu komputer kelak dengan gladi resik untuk MPKMB 49 esok hari.

***
MPKMB 49-1
Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru angkatan 49 hari pertama, luar biasa. agaknya dua kata sebelum titik tadi cukup mewakili betapa dahsyatnya. alhamdulillah meskipun ada sedikit kendala di hari ini, tapi sepenuhnya menuai kecaman positif :)

alhamdulillah, job spekta yang pertama kali saat menjadi mahasiswa bisa terlampaui. semoga ini bisa menjadi batu loncatan untuk kelak nanti.
"awal yang bagus pris, :)"
-kepada diri sendiri-

***
MPKMB 49-2
di hari kedua ini saya sudah bertransformasi, semula yang tampil di atas panggung dengan pernak pernik cantik, sekarang bermodalkan kaos panjang, kamera slr di leher dan hunting objek ke kanan dan ke kiri. okesip, ini kali pertamanya saya terjun ke sebuah kepanitiaan dan saya berkecimpung dengan barang tentengan saya ini. fyi, canon ada di temanggung, alhasil musti adaptasi sama nikon. hahaha :D

"terimakasih untuk perkenalannya dengan nikon, terlebih dengan kamu."
-kepada pemilik nikon-

dan finnaly, hari kedua. seru parah. ada aksi lalalala~
masih penasaran?
sok ntar yaa saya posting di part selanjutnya. heheheee

***
--lalu sang waktu bersabda, sudah akan ada akhirnya yang dipertemukan itu dipisahkan, bukan karena tidak lagi saling menyayangi dan menjaga, lebih kepada disimpan untuk cerita selanjutnya--

MPKMB 49-3
#sedih adalah ketika harus berpisah dengan mereka yang sudah disebut "keluarga"
-pristi.quotes-
sudah saatnya berpisah, berpisah dengan segenap lapisan atmosfer keluarga, yang akhirnya merasakan liburan produktif, untuk sekedar menunda kepulangan kerumah dan lalu berkarya di tanah perantauan, dan yang akhirnya masa karya usai dan harus direformasi dengan karya-karya selanjutnya.

kepada mysuperteam, afiefah, zahwan, ajeng, sinta, oneng, tiwi, rhefa, fadil, fathan, oki, mba lia, dita, irham, icha, terimakasih yaa.. uang kas PDD masih ada, yook makanmakan hahahha
kepada mypowerfullpartner, hafid, nisa, alul, hari, monic maaf merepotkan, terimakasih untuk pengalaman dan kesempatan luar biasanya. sungguh ini benar-benar bisa jadi batu loncatan :)
kepada senja, fadila yang semakin membuat dunia saya sempit. hahhaa terimakasih, akhirnya pris engga sipil dil :D
kepada seluruh keluarga besar pejuang gebyar 49, longlife myfamily yaaa

kepada Pencipta 3 fase spektakuler yang pernah ada dan tercatat dalam sejarah hidup seorang Pristi Sukmasetya, Alhamdulillah, terimakasih Allah :)

Minggu, 02 September 2012

hari baru

-sepulang kuliah algor pagi tadi dan singgah sebentar ke sekret kemahasiswaan karena modem belum ditangan, yang letaknya ngga jauh dari kostan dan bisa ditempuh lewat jalan kecil keramat di samping kost yang tiap kali ada panggilan rapat cukup memudahkan--

sepucuk biru cantik menemani pagi ini, seperti kataku semalam, pagi ini aku memulai kembali titik balikku untuk hari pertama di semester awal menuju progress semseter 3. hari yang pada akhirnya aku mulai menjelajah pagi dengan puluhan kepala yang baru bisa aku temui hari ini secara serentak dan bersamaan di kelas algoritma dan pemrograman. yaa bersama dengan mereka, pejuang-pejuang tangguh sepermainan untuk 3 tahun kedepannya.

do'a sakral mengawali perjumpaanku dengan mereka yang akan berkesinambungan untuk hari senin dan seterusnya selama 1 semester ini dan 3 tahun cakupan kedepannya.
"semoga Allah senantiasa mendekatkan hati-hati kita, untuk terus saling menjaga dalam ikatan keluarga. untuk saling mengisi disaat lapang maupun sempit, untuk saling mengingatkan dalam keadaan jauh maupun dekat, untuk senantiasa mengobarkan kejujuran dan kebenaran tanpa indikasi saling menjatuhkan dan menyakiti. untuk tetap mempersatukan kita semua, keluarga ilmu komputer 48
aminnn.."
mari bersinergi, keluargaku sayang, :)
Pristi Sukmasetya-Ilmu Komputer 48