Sabtu, 15 Desember 2012

segudang harap dan segunung mimpi di LPK

-jujur, saya rindu adik-adik saya di LPK Tepi Sawah sana, rindu dengan segerumpul mimpi-mimpi mereka, rindu dengan senyum tulus dan semangat tanpa batas untuk bisa belajar, yaa... sesederhana itu, saya rindu semuanya-

***
mungkin bila hati mereka bisa berujar, dan ujaran bisa kita tafsirkan, akan begini adanya kata hati mereka....

"kalo topik maunya jadi polisi kak."
-topik.1 SD.masih berjuang dalam susunan alfabet-

bisa tidak ya kak nantinya aku jadi polisi? sedang himpunan alfabet saja aku masih belum paham pasti. menelaah setiap kata yang kakak lontarkan apalagi, miris kak aku kini. aku hanya punya sekepul semangat dalam diri untuk bisa mencoba mengerti secara perlahan perihal apa saja yang kakak lontarkan tempo hari, meskipun aku masih belum juga paham.

aku harus mengeja lebih lama dibanding dengan mereka teman-temanku yang bahkan kupikir sudah fasih, atau bahkan aku harus lebih keras berjuang untuk mengerti apa yang ada di kertas putihku ini lalu ku terjemahkan dalam bahasaku sendiri. 

dikertas ini yang seringkali tertulis A aku mengejanya dengan sangkaan O, padahal jelas dalam gambarannya pun sudah berbeda. 

apa aku memang tidak bisa membaca? atau aku terlalu bodoh untuk bisa mengerti soal huruf dan terlampau sulit untuk merangkainya? apa benar aku bodoh, kak?

lalu kemudian kakak bertanya kepadaku, mempertanyakan kembali mimpi-mimpiku. aaaah.. berbincang soal mimpi selalu membuat aku ingin segera bermetamorfosa sepertimu, bisa mengenyam bangku kuliah dan mengenakan selempang almamater universitas kebanggan dipanggul pundakmu. terlampau jauh ya kak bayanganku?

tapi memang begitu, melihat kakak yang selalu datang bergerombol setiap hari minggunya dan selalu bersemangat mengajarkanku banyak hal tentang ini itu membuat semangatku kian berkobar, dan bisa ku jawab lantang bahwa aku ingin menuntaskan bangku sekolah dasarku dengan segenap kemampuanku, setelah itu aku ingin menjadi seorang polisi yang bisa membanggakan kedua orangtua-ku.

sederhana ya kak? atau aku terlihat tidak pantas untuk mempunyai mimpi macam itu karena sampai sekarang pun aku masih terlampau sulit untuk bisa membaca? apa aku tidak bisa menjadi sosok yang aku idam-idamkan? apa aku tidak bisa mewujudkannya?

masih ada semangat kak dipundak kananku untuk terus memegang erat niatku menuju tempat peraduan belajarku setiap pagi di hari minggu, masih ada secercah harap dalam setiap derap langkahku dalam perjalanan menuntut ilmu untuk bisa terus memperjuangkan apa yang ada dalam bilik angan-anganku. ya, setidaknya aku masih punya itu untuk bisa kujadikan sebagai senjata pamungkasku memangkas semua rasa malas yang seringkali menyergapi diri. jadi kakak tenang saja ya, meski sekarang aku masih belum lancar membaca, aku masih mau berusaha dan memperjuangkannya.

tapi apa masih butuh waktu lama ya kak untuk aku bisa segera mengeja susunan baris huruf dan kata? seringkali aku pesimis menghadapinya, seringkali aku kelelahan karenanya.

aku sering sedih, ketika dengan semangat menggebu yang ku punya berangkat menuju sanggar ilmuku berada tampak sepi, hanya ada kakak berdua dengan teman kakak disana, atau hanya beberapa kakak saja yang ada. kupikir kakak akan lengkap lagi berada disini, bersama-sama menyalurkan energi positif yang pastinya bisa aku terima dengan jelas.

sedih kak, bukan apa-apa, setidaknya dengan melihat kakak-kakak semua lecutan semangatku semakin membuncah dan aku selalu punya 'sosok' yang bisa ku jadikan panutan untuk mengiringi arah mimpiku melangkah. jadi ku harap, kakak bisa selalu datang bersama-sama dan tentunya membawa senyuman semangat, karena ku pikir itu lebih dari sekedar cukup untuk membangunkan semangatku yang mungkin sempat terkubur, untuk kembali menyegarkan akson otak-otakku agar bisa terus berusaha memperjuangkan mimpi-mimpiku.

sudah yaaa kak, besok hari minggu, aku harus segera memejamkan kedua mataku, mengumpulkan energiku untuk menyambut hari dimana aku akan mengemban ilmu.
kakak besok datang ke LPK yaa, saya tunggu :)

salam rindu dari saya, 
anak kecil yang bermimpi untuk bisa segera mewujudkan semua mimpi-mimpinya.

***
dik, apakabarnya kalian disana?
masih sibukkah kalian merenda mimpi tentang 'mau jadi apa saya nanti'?
atau sudah bisa merangkai frasa pasti untuk ditunjukkan kepada ibu setiap sepulang sekolah? tentang progress kalian dalam membaca-menulis atau mulai bermain dengan kosakata asing?
masih ingat seruan nyaring 'aku seorang kapiten'?
tunggu ya, kakak pasti segera datang. untuk kalian. 

***
hei, mereka masih bisa untuk terus bersemangat
lalu bagaimana kita? atau lantas menyerah?
jangan dulu ya sebab lewat perantara kita, kita bisa membuka jalan untuk mereka bisa meraih apa yang mereka impikan.
ayoo semangat LPK ya kakak-kakak pengajar, 
matahari harus segera terbit :) 

*semacam teguran untuk diri sendiri*

4 komentar:

  1. mantep gan...
    semoga tetap konsisten menjadi bagian dari roket pendorong menuju cita-cita mereka.

    udah gabung ke bloggeripb.org?!

    BalasHapus
  2. amin amin amin bang :)
    alhamdulillah sudah gabung bang, *lebih tepatnya baru aja gabung* hehe :p

    BalasHapus
  3. harapan mereka di pundak kita sungguh besar, jangan kita kikis harapan mereka dengan kemalasan kita untuk berbagi.

    Nice Pristi.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mas, kita harus bisa jadi perantara yang baik untuk mereka dan mimpi-mimpi mereka :)
      semangaaaat.

      terimakasih mas untuk apresiasinya. hehe

      Hapus