Senin, 04 November 2013

Satu Muharram

Alhamdulillah tahun baru lagi

barusan browsing dan dapet materi menarik soal bulan Muharram, boleh disimak :

via http://www.hidayatullah.com/read/2013/10/28/7033/keutamaan-dan-kemuliaan-bulan-muharram-1.html
Bulan Muharram atau yang lebih dikenal masyarakat Jawa dengan nama bulan Syuro adalah bulan pertama dalam kalender hijriyah. Tahun ini bulan Muharram jatuh pada tanggal 05 November 2013. Bulan Muharram memiliki keagungan yang sangat tinggi dalam al-Qur’an dan as-Sunnah.
Bulan ini adalah bulan di mana Allah muliakan dan Rasulullah serta para sahabatnya mengagungkannya. Sepatutnya juga kita mengagungkan bulan ini dengan meningkatkan  ibadah dan amal shalih, baik secara kuantitas dan kualitas. 
Di dalam syariat Islam telah dijelaskan kemuliaan/keagungan bulan Muharram. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :
إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ 
“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS. AT Taubah: 36)

adapun do'a yang dianjurkan untuk dibaca pada pergantian tahun adalah sebagai berikut,



oh iya, kebanyakan pada penasaran kan ya hari lahirnya itu kalau di kalender islam masuknya ke bulan yang mana, saya juga barusan googling dan nemuin aplikasi yang bisa mengkonversi kalender masehi ke kalender islam. bagi teman-teman yang mau mencoba bisa di klik disini

selamat tahun baru ya, semoga amalan kedepannya bisa jauh lebih meningkat, kualitas diri semakin membaik, dan kebaikan-kebaikan yang dilakukan bisa semakin banyak. selamat berjuang untuk terus bisa bermanfaat bagi sekeliling :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar