Minggu, 05 Januari 2014

Consistency and standards

pada bagian consistency and standards ini, saya akan mencoba menganalisis beberapa bagian dari website bursatanahabang.com.

1. Gambar (Image)
hal pertama yang pastinya akan dilihat oleh pengguna atau calon pembeli pada website online shop seperti ini adalah ada atau tidaknya gambar yang merepresentasikan produk yang ditawarkan. 

kemungkinan besar, apabila gambar tidak tersedia boleh jadi pengguna atau calon pembeli langsung berpindah haluan mencari website lain yang menyediakan gambar jauh lebih meyakinkan dan bisa merepresentasikan produknya.


pada website ini ada hal yang sangat fatal, ketika beberapa produk tidak mencantumkan gambar produk yang ditawarkannya. tentu hal ini menimbulkan keraguan bagi pengguna, apakah memang produk tersebut tidak ada atau memang produk tersebut ada namun ternyata tidak ada barangnya. 


ada beberapa produk yang tidak ditampilkan representasi gambarnya.


awalnya saya mengira bahwa gambar untuk produk tersebut tidak ditampilkan karena pilihan warna/jenis untuk produk yang ditawarkan lebih dari tiga (melebihi kapasitas). namun setelah dicek untuk produk yang lain dengan pilihan jauh lebih banyak gambar untuk produk tersebut tetap ditampilkan.
ada beberapa produk yang ditampilkan gambarnya pada saat memilih menu, namun ada pula yang tidak available image
2. Urutan dan Format Penulisan
pada urutan menu untuk bagian header website dengan bagian footer berbeda. meskipun terlihat kecil, tetapi tetap saja ini belum memenuhi konsistensi pada penulisan yang seharusnya diterapkan pada website yang baik.
perbedaan urutan menu
3. Perbedaan Penamaan Tab Menu
ketidaksesuaian juga terjadi pada bagian menu bila dipilih kemudian dibuka melalui open new tab. judul menu seharusnya sama dengan judul menu ketika dilakukan open new tab, akan tetapi pada menu 'konfirmasi' tab menu yang muncul justru bernama 'Bursa Tanah Abang..." sesuai dengan tampilan menu home.


perbedaan nama menu dengan menu title
4. Penggunaan Huruf Kapital 
penggunaan huruf kapital pada setiap kata juga kurang sesuai, terlebih ketika dibagian paling akhir menu ada format tulisan dengan font yang berbeda dan ternyata fungsi dari menu tersebut menyambungkan dengan website yang lain (terpisah dari website semula). 


perbedaan format tulisan dan jenis font yang digunakan
5. Penggunaan Warna
penggunaan warna yang dirasa kurang padu ketika disandingkan dengan bagian website secara lainnya. ada keterangan berwarna merah yang teranyata memang hanya muncul pada hari-hari tertentu saja (seperti pemberitahuan). dan penggunaan berbagai macam warna lainnya yang bisa membuat bingung pengguna. padahal ketentuan yang sudah dimengerti oleh masyarakat adalah untuk menunjukkan menu/fungsi tersebut adalah hyperlink adalah dari warna biru.


Rekomendasi :
1. untuk website online shop seperti ini seharusnya tetap mencantumkan gambar untuk menjelaskan kepada pengguna mengenai produk yang ditawarkan. 
2. pada urutan penulisan tidak menggunakan huruf kapital semua dalam satu kata atau dalam kalimat, dan juga termasuk dalam jenis font yang digunakan juga harus lebih konsisten lagi.
3.untuk penggunaan warna disesuaikan lagi dengan tampilan website secara keseluruhan dan disesuaikan dengan standart yang ada. seperti misalnya apabila menu tersebut menghubungkan dengan yang lain (link) maka berwarna biru. 

Saverty Rating: 3

1 komentar:

  1. Setuju dengan pembahasan mba pris. Dalam kasus online shop seharusnya juga memberikan gambar yang dapat merepresentasikan secara jelas dan detail. Sehingga pengguna semakin yakin dengan produk.

    BalasHapus