Minggu, 05 Januari 2014

Error Prevention - bursatanahabang.com

tujuan dari error prevention adalah bagaimana sebuah website dapat digunakan untuk mencegah terjadinya suatu error yang dibuat oleh pengguna akibat kesalahan memasukkan input atau menjalankan suatu taks pada fungsi website tersebut.

menurut saya error prevention dari website bursatanahabang.com ini sangat kurang. karena ketika saya mencoba untuk melakukan daftar dan harus registrasi terlebih dahulu. saya memasukkan data sesuai dengan prosedur yang ada, kecuali pada bagian nomor telepon.


saya dengan sengaja masukkan huruf bukan angka akan tetapi ternyata website bisa menerima. dan ternyata registrasi berhasil dilakukan.

memasukkan huruf pada kolom telepon, padahal seharusnya angka yang dimasukkan
ternyata proses registrasi tetap berhasil
saya juga mencoba untuk fungsi resetnya, semua data saya isi dengan benar kemudian saya tekan tombol reset.  seharusnya pada saat saya menekan tombol reset ada notifikasi yang muncul. misalnya saja,
apakah anda yakin akan me-reset ulang?
atau dengan bentuk notifikasi yang lainnya untuk meyakinkan pengguna. akan tetapi pada website ini belum menyediakan fasilitas muncul notifikasi seperti itu. 



dan yang terjadi ketika ditekan reset adalah tidak semuanya ter-reset. hanya bagian password, ulang password dan kode captcha yang kosong. padahal seharusnya fungsi reset itu sendiri adalah mengembalikan kondisi seperti semula yang berarti kondisi ketika form belum diisi (masih kosong).


hasil setelah direset ternyata tidak kembali pada posisi awal (field kosong)
kekurangan juga terlihat pada saat pengguna akan mengisi form resgistrasi, karena dibagian itu tidak terdapat pembedaan antara field yang memang harus diisi dan tidak boleh dibiarkan kosong, meskipun pada kalimat sebelumnya berbunyi bahwa semua field harus diisi. 
posisi form registrasi


Rekomendasi :

1.website ini perlu menyediakan fungsi notifikasi untuk mencegah pengguna melakukan kesalahan input, atau kesalahan mengambil keputusan.
2.sebaiknya untuk bagian peringatan semua field harus diisi tidak diletakkan sebagai kalimat sebelumnya, namun lebih baik menggunakan (**xxx) sebagai tanda bahwa field tersebut tidak boleh dibiarkan kosong.

Saverety Ratings: 4

1 komentar:

  1. wah, setuju memastikan user memberi input yang valid sesuai tipe data yang benar memang sangat penting, karena ini akan memberi gambaran kepada user apakah website ini dapat dipercaya atau tidak..

    BalasHapus