Minggu, 05 Januari 2014

Help users recognizse, diagnose, and recover form errors - bursatanahabang.com

untuk artikel yang pertama ini saya akan mencoba membahas tentang Help users recognizse, diagnose, and recover form errors. 
"Pesan error sebaiknya disampaikan dalam bahasa yang umum (bukan kode program), mengindikasikan masalah dengan tepat, dan mengusulkan solusi secara konstruktif."
sebuah website yang baik pasti akan memberikan notifikasi apabila pengguna melakukan kesalahan terhadap sebuah task. Pada website bursatanahabang.com ini akan  memberikan notifikasi ketika pengguna melakukan kesalahan atau bahkan ketika pengguna lupa untuk memasukkan field pada beberapa bagian yang sudah ditentukan.

ada beberapa kondisi yang akan menyebabkan website bursatanahabang.com mengeluarkan notifikasi untuk penggunanya.


1. Tidak sesuai format yang benar

ketika melakukan transaksi pembelian barang, pengguna diharuskan untuk mengisi data sesuai dengan perintah yang sudah diberikan oleh website, pada bursatanahabang.com pengguna yang akan melakukan transaksi diwajibkan untuk melengkapi data seperti nama lengkap, alamat email dan data lainnya. ada satu kondisi ketika pengguna tidak memasukkan alamat email sesuai formatnya.
format benar : xx@xx.xx
dan ketika memasukkan alamat email selain dari format tersebut, ternyata website memberikan notifikasi berupa peringatan,
Alamat email yang Anda masukan tidak valid.
notifikasi ini berguna agar pengguna bisa segera melengkapi data yang masih salah formatnya dan bisa langsung melanjutkan transaksi pembeliannya. akan tetapi kelemahan notifikasi pada website ini yaitu notifikasi kesalahan atau pemberitahuan error ini hanya akan muncul ketika pengguna sudah menekan tombol ok. 
notifikasi muncul karena alamat email tidak ditulis dalam format yang benar
setelah 'TEKAN OK' maka notifikasi baru akan muncul.

lain halnya ketika pada kolom e-mail memang sengaja tidak diisi oleh pengguna, maka ketika tombol ok ditekan akan muncul notifikasi
Silahkan masukan email Anda
Add caption
notifikasi yang muncul ketika salah memasukkan kode captcha

2. notifikasi saat transaksi dilakukan muncul ketika saya mencoba menambahkan lagi produk yang ingin saya beli sedangkan produk yang tersedia terbatas.

notifikasi bahwa barang terbatas
notifikasi barang maksimal yang dibeli
menurut saya hal ini sudah benar, karena pengguna bisa memastikan bahwa bila terjadi kesalahan website akan memberikan notifikasi sesuai dengan kesalahan yang dilakukan.


Rekomendasi :
ada baiknya notifikasi muncul ketika pengguna memang terindikasi melakukan kesalahan, tidak perlu menunggu sampai pengguna selesai dan menekan tombol konfirmasi untuk memunculkan notifikasi tersebut. jadi pengguna bisa segera mengkoreksi kesalahan yang terjadi.

misalnya notifikasi muncul seperti ini,

salah satu contoh dari site : http://female.store.co.id/registrasi.html

Severety Ratings: 0

1 komentar:

  1. notifikasi yang muncul secara langsung memang lebih efisien ketimbang pengguna harus menunggu notifikasi yang muncul setelah form registrasi terpenuhi

    BalasHapus