Minggu, 05 Januari 2014

Visibility of system status - bursatanahabang.com

pada kesempatan yang kedua, saya akan membahas tentang Visibility of system status. perlu diketahui bahwa visibility of system status adalah tentang dimana pengguna saat ini sedang berada, dan kemana pengguna bisa pergi selanjutnya dari suatu kondisi atau state tersebut. 

namun juga tidak hanya berhenti disitu saja, visibility of system status juga bisa diartikan sebagai apa saja yang bisa terlihat oleh pengguna dan fungsi-fungsi apa saja yang akan dikerjakan pengguna melalui website tersebut. terkait pula tentang feedback yang nantinya akan diberikan oleh website untuk setiap tindakan yang dipilih oleh pengguna.

saya akan mencoba menganalisis beberapa bagian dari website bursatanahabang.com terkait dengan visibility of system status

berikut adalah tampilan home pada website bursatanahabang.com
tampilan awal website bursatanahabang.com
dari tampilan home sudah bisa diketahui bahwa situs bursatanahabang.com ini adalah situs belanja online pakaian dengan beberapa kategori. situs tersebut memudahkan bagi pengguna yang ingin mencari pakaian baik itu perempuan ataupun laki-laki tanpa harus mendaftar untuk menjadi member terlebih dahulu.

pada bagian kanan atas terdapat beberapa menu bar seperti home, order, cara pembayaran dsb, saya mencoba untuk mencari informasi order terlebih dahulu,  ketika mouse menyentuh pada pilihan menu Cara Order  font pada menu tersebut berubah warna yang semula biru menjadi merah yang menandakan bahwa posisi saya masih berada pada home dan apabila saya menekannya berarti saya beralih menuju menu Cara Order.

menu berubah warna ketika pengguna memilihnya tanpa menekan tombolnya

kemudian setelah saya masuk ke dalam menu tersebut ternyata warna font berubah kembali menjadi biru seperti semula. akan tetapi halaman sudah berganti dari home menjadi halaman Cara Order Bursatanahabang.com. sebenarnya yang demikian sudah bisa memberikan informasi kepada pengguna bahwa posisi pengguna sekarang berada pada menu Cara Order akan tetapi apabila melihat ke bagian kanan atas tidak cukup jelas menunjukkan keberadaan dari pengguna.

tidak tampak perubahan warna pada menu bagian atas kanan yang dipilih oleh pengguna.
hanya menampilkan judul dari menu yang dipilihnya tadi.

2. Umpan balik (feedback) dari website
sudah baik ketika website ini memberikan  feedback ketika pengguna melakukan transaksi pembayaran danmengisi data yang sesuai kemudian mengkonfirmasinya dengan menekan tombol ok, website bursatanahabang.com ini akan memunculkan notifikasi yang berisi pesan bahwa transaksi sudah berhasil dilaksanakan.

feedback yang diberikan oleh website ketika pengguna sudah melakukan
transaksi konfirmasi pembayaran
begitu pula ketika pengguna berhasil memberikan testimonial terhadap website tersebut, maka notifikasi akan muncul kembali.


feedback dari website ketika selesai mengisi testimoni.
tidak hanya berhenti pada transaksi konfirmasi pembayaran saja, feedback yang diberikan oleh website bursatanahabang.com ini juga berlaku pada setiap transaksi yang dilakukan oleh pengguna.

misalkan saja ketika pengguna selesai memilih produk yang akan dibeli dan akan melakukan cek ulang untuk memastikan detail pembeliannya maka website akan memunculkan pilihan status pembelian yaitu belum diproses dan bagi pengguna dipersilahkan untuk memilih bahwa pembelian akan tetap dilaksanakan atau akan membatalkan pembelian.


notifikasi status 'belum diproses'
sesaat setelah dikonfirmasi dan mengakhiri pilihan dengan menekan tombol ok seperti biasanya, website akan memunculkan kembali notifikasi berupa pesan bahwa pembelian akan segera diproses berikut dengan nomor pembeliannya.



feedback juga secara cepat diberikan oleh website kepada pengguna yang kemudian membatalkan transaksi pembeliannya.

perubahan cepat untuk jumlah barang yang akan dibeli, yang semula 1 menjadi 0
dan ketika melakukan pencarian pun, website memberikan respon yang relatif singkat. pengguna hanya perlu memasukkan kode barang yang akan dibeli (tidak harus lengkap) karena website akan memunculkan produk  yang mengandung variable-angka-atau huruf yang dimasukkan oleh pengguna pada bagian cari kode barang


contoh hasil pencarian dengan memasukkan kode barang '45'

Rekomendasi :
1. untuk mempertegas keberadaan pengguna, bisa dengan membedakan warna background pada menu -yang pengguna sedang berada disana- agar terlihat jelas keberadaan pengguna.

dengan membedakan warna antara menu yang sedang dikunjungi dengan yang tidak
2.  untuk menu pencarian barang akan lebih baik bila feedback yang diberikan oleh website bisa langsung diterima oleh pengguna dengan otomatis menampilkan produk-produk yang dimaksud meskipun baru diketikkan beberapa huruf atau angka saja. 

misalkan disini dengan mengetikkan rumah kemudian muncul semua pilihan kategori atau macam-macam rumahnya:
contoh ketika diketikkan kata 'rumah' kemudian muncul beberapa pilihan
Severity Rating : 1

2 komentar:

  1. pemberian warna pada background menu dapat mempertegas keberadaan pengguna, bisa juga dengan adanya navigation bar

    BalasHapus
  2. hai salam semua
    ikutan dong website saya www.grosirbusanaimport.com juga menjual berbagai pakaian

    BalasHapus